PEMBELAJARAN AKSARA JAWA BAGI ANAK SEKOLAH DASAR UNTUK PELESTARIAN BUDAYA JAWA BERBASIS ANDROID

Wahyu Widodo, Sulistyowati Sulistyowati

Abstract


Aksara Jawa dipakai dalam berbagai teks berbahasa Jawa. Aksara ini lebih dikenal sebagai Hanacaraka. Aksara Jawa adalah salah satu kekayaan budaya Indonesia. Namun seiring dengan perkembangan jaman, aksara Jawa mulai banyak dilupakan bahkan tidak jarang penduduk Jawa asli yang tidak bisa membaca aksara Jawa. Melelaui penelitian ini penulis mencoba mengembangkan sebuah aplikasi yang membantu pembelajaran aksara Jawa yang ditujukan pada anak tingkat sekolah dasar, aplikasi ini dikemas dengan bentuk modern dengan harapan jika pembelajaran aksara Jawa dikenalkan sejak dini melalui bentuk yang modern maka anak akan merasa terbiasa dan lebih menimbulkan minat anak untuk belajar aksara Jawa. Aplikasi ini juga dibangun dengan mengimplementasikan metode Finite State Automata yang mana metode ini berperan penting dalam menentukan bentuk aksara Jawa dari bentuk teks normal. Aplikasi ini juga dirancang dengan tampilan yang sangat user-friendly agar anak mudah tertarik dan merasa senang saat mempelajari aksara Jawa. Hasil terjemah bahasa dari aplikasi yang dibuat masih kurang sempurna dengan tingkat akurasi kebenaran sebesar 88%. Hal ini disebabkan karena bahasa yang dipakai manusia merupakan konvensi atau kesepakatan dari para pemakai bahasa tersebut. Akibatnya tata bahasa yang digunakan seringkali tidak konsisten. Oleh karena itu dapat dimaklumi jika teori bahasa formal tidak dapat memodelkan bahasa manusia secara sempurna.

Keywords


Aksara Jawa; Aplikasi Android; Pemenggalan Suku Kata; Finite State Automata

Full Text:

PDF

References


Alwi, H., 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Bangalore, Srinivas & Giuseppe Riccardi. A Finite-State Approach to Machine Translation. Florham Park : AT&T Labs-Research.

Bray, T., Paoli, J., Sperberg-McQueen, C.M. & Maler, E., 2008. Extensible Markup Language (XML) 1.0 (Fifth Edition). [Online] (1.0) Available at: http://www.w3.org/TR/REC-xml/ [Accessed 20 October 2013].

Gicara, 2012. Apa Yang Dimaksud Dengan Literate Programming. [Online] Available at: http://gicara.com/uncategorized/apa-yang-dimaksud-dengan-literate-programming.html [Accessed October 2013].

Hopcroft, J E., Motwani, R., dan Ullman, J D. 2007. Introducing to Automata Theory, Languages and Computation. Pearson Addison-Wesley, Upper Saddle River, NJ,3.edition, 2007. ISBN 978-0-321-51448-6.

Prasetyo Nugroho Eddy, Komala Ratnasari, Kurniawan Nur Ramadhani, Budi Putro Laksono. 2009. “Rekayasa Perangkat Lunak’’. Politeknik Telkom.

Roger S. Pressman., 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu). ANDI Yogyakarta.

Safaat , Nazaruddin., 2011. Android : Pemprograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC. Bandung: Informatika.

Sommerville, I., 2003. Software Engineering (Rekayasa Perangkat Lunak). Jakarta: alih bahasa, Dra.Yuhilza Hanum M.Eng, ; Hilarius Wibi Hardani Erlangga.

Sulistyo , Adi., 2013. Teori Bahasa dan Otomata. Graha Ilmu.

Vermaat, Shelly Cashman., 2010. Discovering Computers “Menjelajah Dunia Komputer” FUNDAMENTAL. Third Edition. Salemba Infotek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.