Analisis Sisa Material pada Proyek Rumah Tinggal di Surabaya

RP Hermansyah, Felicia T Nuciferani

Abstract


Permasalahan proyek konstruksi, salah satunya sisa material yang berlebih. Pengoptimalan dan penurunan sisa material menjadi konsentrasi yang harus diperhatikan dalam sektor konstruksi yang berkelanjutan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kuantitas sisa material yang ditimbulkan pada pekerjaan struktur dalam katagori comsumable waste. Data penelitian dibagi menjadi dua, yang pertama diperoleh dari observasi lapangan yang disertai pengamatan langsung untuk mengetahui kondisi eksisting proyek konstruksi. Yang kedua berupa dan data kuantitatif proyek yang berupa data pelaksanaan dan data rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waste material diakibatkan kuantitas volume rencana yang terlalu besar dari kondisi aktualnya sehingga waste yang dihasilkan dari perencanaan cukup besar. Sedangkan pada besi 8 (12.96 %) dan besi 16 (17.32 %) dikarenakan pemesanan yang dilakukan melebihi dari yang direncanakan sehingga secara tidak langsung akan menimbulkan sisa material.

Keywords


sisa material; pengoptimalan; biaya; konstruksi bangunan

Full Text:

PDF

References


Felicia T. Nuciferani, dkk. 2019. Analisis Strategi Penawaran Proyek Konstruksi Pada CV. BEW. Jurnal Universitas Madura, Vol 4. No.1

Kusuma, Valentino Arya. 2010. Evaluasi Sisa Material Pada Proyek GedungPendidikan

dan Laboratorium 8 Lantai Fakultas Kedokteran Uns Tahap 1. SKRIPSI, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Intan, Suryanto. 2005. Analisa dan Evaluasi Sisa Material Konstruksi: Sumber Penyebab, Kuantitas, dan Biaya. Civil Engineering Dimension, vol 7(1).

Gavilan and Bernold, 1994. Source Evaluation Of Solid Waste In Building Construction. Journal of Construction Engineering and Management, Vol 120 (3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.