PERBAIKAN KUALITAS PRODUK SANDAL JAPIT DENGAN MENGGUNAKAN METODE FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS (FMEA) DAN FAULT TREE ANALYSIS(FTA)

Dini Nurhayati, Evi Yuliawati

Abstract


Sampah merupakan permasalahan yang selalu dihadapi oleh manusia setiap harinya, baik di kota besar maupun pedesaan. Hal ini ditimbulkan karena aktifitas manusia. Meningkatnya sampah di kota Surabaya ini cukup tinggi. Mengingat Surabaya merupakan salah satu kota metropolitan terbesar kedua. Secara tidak langsung, hal ini mempengaruhi peningkatan volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat kota. Sampah yang dihasilkan, salah satunnya sampah kemasan foil yang biasa digunakan untuk pembungkus makanan ringan, dan juga minuman sachet. Sejauh ini material tersebut, sudah dimanfaatkan oleh para pengerajin untuk kerajinann sederhana seperti hiasan bunga, baju daur ulang untuk lomba, dan juga produk fesyen. Namun pengolahannya masih sederhana sehingga harga jualnya masih rendah. Permasalahan tersebut, mendorong peneliti untuk memberikan sebuah inovasi dalam pengolahan sampah plastik kemasan foil dengan teknik hot textile, dalam penerapan desain produk aksesoris fesyen, agar memilki nilai jual yang tinggi.

Keywords


aksesoris; fesyen; teknik hot textile; plastik kemasan foil

Full Text:

PDF

References


I. Vanany, D. Fakultas, T. Industri, J. T. Industri, D. Emilasari, and A. Fakultas, “Aplikasi Six Sigma Pada Produk Clear File Di,” Univ. Stuttgart, pp. 27–36.

D. P. Sari, K. F. Marpaung, T. Calvin, and N. U. Handayani, “Analisis Penyebab Cacat Menggunakan Metode FMEA Dan FTA Pada Departemen Final Sanding PT. Ebako Nusantara,” Pp. 125–130, 2018.

Dkk Richma Yulinda Hanif, Perbaikan Kualitas Produk Keraton Luxury Di Pt.X Dengan Menggunakan Metode Failure Mode And Effect Analysis (Fmea) Dan Fault Tree Analysis (Fta). Jurnal Teknik Industri Itenas, 2015.

Hansen And Mowen, “Manajemen Biaya.” Jakarta: Thomson Learing, Selemba Empat, 2001.

J. Gaussian, “Analisis Pengendalian Kualitas Menggunakan Diagram Kendali Demerit,” Vol. 3, No. 2008, Pp. 401–410, 2014.

N. B. Puspitasari And A. Martanto, “Penggunaan Fmea Dalam Mengidentifikasi Resiko Kegagalan Proses Produksi Sarung Atm ( Alat Tenun Mesin ) ( Studi Kasus Pt . Asaputex Jaya Tegal ),” Pp. 93–98.

S. Fauzi Et Al., “Perbaikan Kualitas Menggunakan Metode Seven Tools Dan Fault Tree Analysis ( FTA ) Di PT . Xyz,” Vol. 2017, No. September 2014, Pp. 4–6, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.