Analisa Pengendalian Kualitas Produk Kastok Plastik Menggunakan Metode Six Sigma Dan Pendekatan Kaizen

Nadia Indri Rumampuk, Evi Yuliawati

Abstract


UD. Gunawan Plastik merupakan usaha dagang yang memproduksi kastok platsik, toples dan pot bunga. Namun, peneliti hanya terfokus kepada produk kastok plastik. Perusahaan ini hanya menjual produknya kepada distributor dengan jumlah yang besar dan tidak menjual dalam bentuk eceran.Ada beberapa masalah yang dihadapi pada proses produksi kastok plastik sehingga target pada proses produksi tidak tercapai. Salah satunya pada proses pewarnaan. Terdapat beberapa cacat pada produk sehingga membuat produk menjadi rusak dan tidak layak untuk dipasarkan. Pada perbaikan kualitas produk kastok plastik, peneliti menggunakan metode six sigma dan menggunakan pendekatan kaizen dengan 5M-Checklist dan Five step plan. Tahap awal yaitu mengevaluasi tingkat kapabilitas proses dan menentukan CTQ (Critical To Quality). Selanjutnya menghitung nilai DPMO dan kapabilitas sigma pada proses produksi kastok plastik. Menganalisa hasil menggunakan diagram pareto dan diagram fishbone agar dapat mengetahui cacat tertinggi dan penyebabnya. Pada tahap improve, menggunakan 5M- Checklist dan five step plan kaizen untuk mengetahui penyebab apa saja yang membuat produk menjadi cacat. Langkah terakhir, melakukan control pada 5 minggu kedepan agar dapat mengetahui analisa yang dilakukan layak dan terjadi penigkatan atau tidak. Dari proses analisa penyebab hingga tahap control tersebut diketahui bahwa terjadi peningkatan sigma pada proses produksi kastok plastik yaitu semula 3,4 menjadi 3,8.

Keywords


Five step plan; Kastok platsik; Metode six sigma

Full Text:

PDF

References


Febriana,S. et al. (2007) ‘Penerapan Metode Six Sigma DMAIC Untuk Perbaikan Kualitas Fisik Batang Rokok Merk Samudera Emas 16 Pada Cigarette Maker Machine. (Studi Kasus PT. Asia Marko). Skripsi. Surakarta’ UNS-Fak. Teknik Jur. Teknik Industri.

Edwin Dwi Defrianto, F. (2016) ‘Analisis Kualitas Produk Gelas Kaca Crown Dengan Metode Six Sigma Dan Kaizen di Pt. Semesta Raya Abadi Jaya, GRESIK Edwyn Dwi Defrianto, Farida’, Jurnal EKSPONENSIAL.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.