Pemberdayaan Kerajinan Latex Sebagai Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Ch Desi Kusmindari, Poppy Indriani, Ari Muzakir

Abstract


Sumatera Selatan adalah salah satu penghasil karet terbesar di Indonesia. Perkebunan karet di Sumatera Selatan saat ini juga merupakan pendukung aspek perekonomian di lingkungan sekitar atau masyarakat. Karet diproduksi menjadi barang jadi maupun setengah jadi berupa latek, sheet, crum rubber, ban, dll. (suherman, 2013). Namun di Sumatera Selatan produksi karet menjadi barang jadi masih sangat minim sekali, padahal apabila diolah dengan baik, karet dapat menjadi produk yang bernilai ekonomi tinggi.Kampung Talang Kedondong Kebun Bunga Kecamatan Sukarami merupakan kawasan industri kerajinan souvenir karet yang telah berdiri sejak tahun 2012 Barang yang dihasilkan berbagai macam jenis souvenir, seperti gantungan kunci, hiasan lemari es, bross, dan souvenir bagi instansi/industri lainnya. Bahan utama yang digunakan adalah latek dan pewarna, bahan baku tersebut diproduksi dengan menggunakan peralatan yang masih sangat sederhana seperti, kompor, cetakan, panci, dan penetes latek. Permasalahan dari UKM ini adalah masih kurangnya inovasi pada desain dan kurangnya pemasaran. Oleh karena itu tujuan dari pengabdian ini adalah membantu dalam hal desain dan inovasi souvenir karet dan membantu dalam pemasaran.

Keywords


desain produk; lateks; sovenir; kerajinan karet

Full Text:

PDF

References


Zuhroh Ayu May dkk, 2012, Pengolahan Lateks Alam Irradiasi Sebagai Bahan Baku Pembuatan Produk Sarung Tangan, Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember.

Suharman., dkk. 2013. Analisis Potensi Pengembangan Industri Barang Jadi Karet Di Sumatera Selatan. Jurnal riset industri. Vol.7 No. 2 des.2013.

Fachry A. Rasyidi , 2012, Pengaruh Penambahan Filler Kaolin Terhadap Elastisitas Dan Kekerasan Produk Souvenir Dari Karet Alam (Hevea Brasiliensis), Prosiding SNTK TOPI, ISSN. 1907 – 0500, Pekanbaru.

Irwanto Rudi, 2003, Inklusifitas Desain Nasional, https://www.academia.edu/13565542/ INKLUSIFITAS_DESAIN_NASIONAL, diakses 19 Oktober 2018


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.