PERANCANGAN REAKTOR TABUNG BIOFILTER ANAEROBIK AEROBIK UNTUK HOTEL BERKAPASITAS 20 M3

Ro’du Dhuha Afrianisa

Abstract


Salah satu fasilitas sarana wisata adalah Hotel. Pada dasarnya kegiatan yang dilakukan dihotel menghasilkan kegiatan sarana sejenis rumah tangga. Kegiatan di hotel tersebut akan menghasilkan limbah cair domestik. Kamar mandi merupakan salah satu sumber dari limbah cair. Untuk itu diperlukannya pengolahan limbah cair agar dapat dibuang ke lingkungan. Compact Biofilter Reactor merupakan reaktor pengolahan limbah cari domestik yang dirasa lebih praktirs. Dalam memenuhi kebutuhan pengolahan limbah domestik hotel dibuthkan perancangan reactor biofilter agar dapat bekerja optimum. Metode penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara terhadap pemilik hotel untuk mengetahui jumlah kamar dan sumber limbah yang dihasilkan. Pengumpulan data sekunder tentang kualitas air domestic dan jumlah kebutuhan air untuk hotel. Selanjutnya melakukan perhitungan untuk mendapatkan dimensi dan volume reactor yang sesuai. Dari hasil perhitungan didapatkan reactor biofilter anaerobic aerobic memiliki dimensi diameter 2m dan panjang 7m. Reaktor yang direncankan dapat digunakan untuk air limbah hotel 16m3/hari-20m3/hari .


Keywords


air limbah domestik; biofilter; hotel

Full Text:

PDF

References


Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi. Peraturan Usaha dan Penggolongan Hotel. Surat Keputusan Menteri Parpostel No. KM. 37/PW.304.MPPT-86. 1986

Nusa Idaman Said. Teknologi Biofilter Anaerob-Aerob Tercelup untuk Pengolahan Air Limbah Domestik. Jakarta: Direktorat Teknologi Lingkungan, BPPT. 2011.

Nur Hidayat. Peningkatan Kualitas Limbah Cair Tahu dengan Menggunakan System Waste Water Double Treatment (Aerob-Anaerob). Malang: Universitas Brawijaya. 2014.

Muliartha, I.,K., dkk. Pedoman Teknis Pengelolaan Limbah Untuk Industri Kecil. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup dengan PT. Envirotekno Karya Mandiri. 2004.

Bernadette Nusye Parasmita, Wiharyanto Oktiawan, Mochtar Hadiwidodo. “Studi Pengaruh Waktu Tinggal terhadap Penyisihan Parameter BOD5, COD, dan TSS Lind imenggunakan Biofilter secara Anaerob-Aerob S (Studi Kasus: TPA Ngronggo, Kota Salatiga, Jawa Tengah)”. Jurnal Teknik Lingkungan, Vol 2. No.1. 2013.

Khusnul Amri dan Putu Wesen. Pengolahan Air Limbah Domestik menggunakan Biofilter Anaerob Bermedia Plastik (Bioball). Jurnal Teknik Lingkungan, Vol. 7 No 2.

Elis Hatuti, Reni Nuraeni, dan Sri Darwati. Pengembangan Proses pada Sistrm Anarobic Baffled Reactir. Jurnal Perukiman. Vol 2 No. 2 Hal 79-79. 2017.

Badan Standardisasi Nasional. Tata Cara Perencanaan Sistem Plambing. SNI 03-7065- 2005. Badan Standardisasi Nasional. 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.