Analisis Performansi Mobil Hibrid Bed-18 Penggerak Motor Listrik BLDC 2000 Watt dan Udara Bertekanan

Bambang Setyono, Mohammad Fajar

Abstract


Mobil hibrid merupakan mobil yang menggunakan dua atau lebih sebagai sumber geraknya. Sumber gerak yang digunakan pada mobil ini adalah udara bertekanan dan motor listrik. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui performansi mobil hibrid untuk penggerak motor listrik yang meliputi: torsi, daya, akselerasi, serta konsumsi daya untuk menempuh jalan tanjakan. Metode yang diterapkan ialah pengujian menggunakan dynotest, pengujian akselerasi langsung dijalan, dan perhitungan teoritis. Berdasarkan hasil performansi dari hasil uji dynotest didapat daya 2,3 HP terjadi pada putaran 169 rpm, torsi Maksimal 113,97 Nm terjadi pada putaran 119 rpm. Mobil hibrid tersebut mampu mencapai kecepatan 21 km/jam. Daya yang dibutuhkan pada jalan aspal dan beton kering dengan sudut tanjakan 10° untuk massa pengendara berat 90 kg membutuhkan daya sebesar 1261,05 watt, jalan aspal basah sudut tanjakan 10° untuk massa pengendara berat 90 kg membutuhkan daya sebesar 1255,73 watt, jalan beton basah sudut tanjakan 10° untuk massa pengendara berat 90 kg membutuhkan daya sebesar 1259,72 watt.


Keywords


mobil hibrid; udara bertekanan; motor udara; performansi

Full Text:

PDF

References


B Setyono, D A Patriawan, A W Putra, H Irawan, and E A Zuliari, 2019, Design Steering System with Independet Front Wheel Drive of The Hybrid Vehicle - Air Pressure and Electrical’, The 1st International Conference on Advanced Engineering and Technology, IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 462 (2019) 012013, IOP Publishing doi:10.1088/1757-899X/462/1/012013.

Anirudh Adalla, Srinivasu Ghangada (2013), Fabrication and Testing of Compressed Air Car Visvanda Institute of Technology and Management, Global Journal of Researches in Engineering of Mechanical and Mechanics Engineering, Volume 13 Issue 01 Version 1.0 , Year 2013, ISSN 2249-4596, Print ISSN : 0975-5861.

Pavan (2-14), A Review On Hybrid Vehicles , International Journal of Research in Engineering & Technology (IMPACT: IJRET) ISSN(E): 2321-8843; ISSN(P): 2347-4599 Vol. 2, Issue 5, May 2014, 59-64.

Sutantra, N., Sampurno, B. 2010. Teknologi Otomotif Edisi Kedua. Surabaya: Guna Widya.

Bitar,Zein,AbbasSandouk,SamihAlJabi,2015.“TeastingThePerformanceOfDCSeries Motor Used In Electric Car”. Faculty Of Mechanical & Electrical Engineering Damascus

University.

Nugroho, Nalaprana, Sri Agustina, 2015. “Analisa Motor DC ( Direct Current ) Sebagai

Penggerak Mobil Listrik” dalam Mikrotiga Volume 2 Nomer 1. Jurusan Teknik Elektro

Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya.

Syarifudin, 2016, “Perbandingan Akselerasi Mobil Listrik Tuxuci Menggunakan Sistem

Penggerak Model Gear Rasio Dengan Model In Wheel” dalam Jurnal Nozzle Volume 5.

DIII Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama.

Yedamale, Padmaraja, 2003, Brushless DC motor Fundamental, Microchip Technology Inc.

Amerika Serikat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.