Analisis Perilaku Belok Sistem Steering Mobil Hibrid BED-18 Penggerak Udara Bertekanan dan Motor Listrik

Bambang Setyono, Richard Salam

Abstract

Perilaku belok kendaraan terbagi atas kondisi: understeer, oversteer dan netral. Penelitian ini berfokus pada analisis perilaku belok sistem steering. Kendaraan atau mobil yang menjadi obyek peneltian adalah mobil hibrid BED-18. Jenis sistem steering yang digunakan yaitu sistem steering lingkage. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku belok sistem steering berdasarkan nilai indek understeer (Kus), radius belok, serta skid dan guling kendaraan. Metode yang diterapkan yaitu metode uji jalan untuk mengetahui nilai indek understeer Kus, radius belok, serta skid dan guling. Bedasarkan hasil perilaku belok sistem steering yang mengacu pada indek understeer (Kus), nilai Kus bernilai positif (+) yang berarti kendaraan cenderung understeer. Radius yang dihasilkan mobil hybrid BED 18 yaitu dengan sudut 10° sebesar 9,75m, sudut 20° sebesar 5,25m, sudut 30° sebesar 3,55m, serta mobil hybrid BED tidak mengalami skid karena nilai Fc < Fg , dan tidak mengalami guling karena Fc. h < w.t/2.

Keywords

indek understeer; oversteer; rolling dan skid; steering; undeerster

Full Text:

PDF

References

B Setyono, D A Patriawan, A W Putra, H Irawan, and E A Zuliari, 2019,” Design Steering System with Independet Front Wheel Drive of The Hybrid Vehicle - Air Pressure and Electrical’, The 1st International Conference on Advanced Engineering and Technology, IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering 462 (2019) 012013, IOP Publishing doi:10.1088/1757-899X/462/1/012013.

Kurnia, Rusuminto, Nanda priono, 2017. “Perancangan sistem kemudi manual pada mobil lidtrok”. Jurusan Teknik Mesin Otomotif, Politeknik Negri Tanah Laut.

Sutantra, Nyoman dan Bambang Sampurno. 2010. Teknologi Otomotif Edisi Kedua. Surabaya: Gunawidya

Rahardiyan, Tri Mohammad. 2016. “Analisa arah sistem kemudi kendaraan gokart dengan mesin honda supra x 110cc”,Teknik Mesin, Universitas Mercu Buana. Jakarta

Aditya, Rindang. 2016. “ Perakitan sistem kemudi power steering tipe rack and pinion pada mobil listrik

Kadek Rihendra Dantes, 2013. “ Karakteristik Perilaku Belok Kendaraan Tosa Hercules Ditinjau Dari Kemiringan Jalan. Jurusan Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.