Analisis Putaran Balik (U-Turn) Terhadap Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Raya Waru Sidoarjo

Jenny Caroline, Amrita Winaya

Abstract


Jalan raya Waru yang terletak di Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu ruas jalan bagi
pengembangan perekonomian dengan adanya pusat perdagangan. Dengan semakin
berkembangnya sentra-sentra industri dan pengiriman barang pada wilayah tersebut menyebabkan
meningkatnya volume kendaraan, sehingga mengakibatkan ketidakseimbangan antara volume
kendaraan dengan kapasitas ruas jalan dan terjadi kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengkaji tentang tingkat pelayanan pada ruas jalan raya Waru serta untuk mengidentifikasi
pengaruh bukaan median atau putaran balik (u-turn) terhadap tingkat pelayanannya. Dari hasil
analisis didapatkan nilai derajat kejenuhan sebesar 0,840 sehingga level of service (LoS) untuk
Jl.Raya Waru arah Surabaya adalah D, sedangkan arah Sidoarjo besarnya derajat kejenuhan adalah
sebesar 0,855 sehingga LoS nya adalah E. Rata-rata volume kendaraan yang terganggu akibat
kendaraan lain yang melakukan u-turn sebesar 1242 kendaraan/jam untuk jenis kendaraan sepeda
motor (MC) sedangkan untuk jenis kendaraan ringan (LV) adalah 1193,68 kendaraan/jam. Rasio
rata-rata tingkat pelayanan adalah 0,65 untuk sepeda motor (MC) dan 10,38 untuk kendaraan
ringan (LV)

Keywords


kinerja ruas jalan; tingkat pelayanan; u-turn

Full Text:

PDF

References


Irawati, Tunggal Dian, “Analisis Kinerja Ruas Jalan Akibat U-Turn dan Pengaruhnya Terhadap Polusi Udara di Ruas Jalan Raya Waru Sidoarjo”, Skripsi tidak diterbitkan. Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. 2018.

Direktorat Bina Jalan Kota., “Manual Kapasitas Jalan Indonesia”. 1997

Triyandani, Yani., Sardjito., “Pengaruh Keberadaan Apartemen Terhadap Kinerja Jalan Arief Rahman Hakim Surabaya” Jurnal Teknik Pomits. Vol.3 No.2. 2014.

Widari, Lis Ayu et al., “Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Studi Kasus: Jalan Medan-Banda Aceh KM 254+800 s.d KM 256+700)”. Banda Aceh, Teras Jurnal. Vol.5 No.2, September 2015.

Ariwinata, Made Dwi., “Kajian Pengaruh Fasilitas Putar Balik (U-Turn) Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus: U-Turn Patung Dewa Ruci Jalan By Pass Ngurah Rai Bali). Tugas Akhir. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Udayana. 2015.

Mardinata, Lalu Aditiya, “Pengaruh U-Turn (Putar Balik Arah) Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Ruas Jalan Raden Eddy Martadinata”, Samarinda. Universitas 17 Agustus 1945.

Direktorat Jenderal Bina Marga, “Pedoman Perencanaan Putar Balik (U-Turn)”,No.06/BM/2005.

Utami, Yuwita Tri et al., “Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Gajah Mada Pontianak). Program Studi Teknik Sipil. Universitas Pontianak.

Pabannu, Yitro Tirsa et al., “Pengaruh Tarikan Manado Town Square Terhadap Lalu Lintas Di Ruas Jalan Boulevard Manado”, Jurnal Sipil Statik. Vol.4 No.5. 2016.

Permata, Debby Yulinar., Rhaptyalyani., “Analisa Perencanaan Bukaan Median Pada Ruas Jalan Mayjend Yusuf Singadekane Palembang”, Jurusan Teknik Sipil Universitas Sriwijaya.2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.