Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Wisata Mangrove Desa Banyuurip, Pangkah, Gresik

Ummu Aliyah, Mohamad Hariyadi, Prihadi Prihadi

Abstract


Kelompok Nelayan Tirta Buana, di sekitar pantai Desa Banyuurip, Ujung Pangkah-Gresik. Bekerjasama dengan PUPUK dan PT.PGN SAKA Pangkah Limited mengadakan sentra pembibitan dan penjualan mangrove. Hingga menjadi sebuah destinasi wisata baru yang bernama Banyuurip Mangrove Center (BMC). Mangrove Banyuurip Ujungpangkah letaknya sekitar 35 kilometer dari kota Surabaya atau sekitar 23 kilometer dari kota Gresik ke arah Utara.Rata-rata perhari pengunjung yang datang 600 orang, tapi pada waktu hari raya bisa mencapai 1.600 pengunjung [1]. Banyaknya jumlah pengunjung wisatawan yang datang untuk menikmati indahnya panorama Mangrove jika ditangani secara tepat akan mendatangkan sumber pendapatan sendiri bagi masyarakat Banyu urip, Ujung pangkah yang selama ini belum tergarap secara optimal. Ada beberapa peluang bisnis yang akan digarap dalam program kemitraan masyarakat ini yang meliputi : Pemberdayaan olahan tanaman mangrove seperti kerajinan batik berbahan mangrove, dodol mangrove dan sirup berbahan mangrove. Disamping itu peningkatan sarana dan preasarana hutan mangrove itu sendiri perlu dipercantik agar pengunjung semakain nyaman dan betah dalam menikmati wisata Mangrove BMC seperti : pembuatan jogging track sampai ketepi pantai pasir putih, Gazebo tingkat yang tinggi agar wisatawan dapat melihat hutan mangrove dari atas serta perbaikan dan penerangan jalan menujuke akses tempat wisata.

Keywords


Pemberdayaan Masyarakat , wisata mangrove, Banyuurip Mangrove Center (BMC)

Full Text:

PDF

References


Faturochman, et.al. (2007). Membangun Gerakan Penanggulangan Kemiskinan Melalui Pemberdayaan Masyarakat. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan. Yogjakarta : Universitas Gadjah Mada.

Hasibuan, Melayu S.P. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara.

Dinas Kelautan, Perikanan Dan Peternakan.(2000).Luas Lahan Mangrove Di Kabupaten Gresik Tahun 2000. (Tidak Diterbitkan). Gresik.

Ariestonandri, Prima (2006), “Marketing Research For Beginner”, Penerbit CV. Andi Offset, Yogyakarta.

Kotler, Philip., Keller, Kevin Lane (2007), ”Manajemen Pemasaran”, Penerbit PT. Indeks, Jakarta

Machfoedz, Mahmud (2010), ”Komunikasi Pemasaran Moderen”, Penerbit Cakra Ilmu,Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.