Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir Pada Rumah Sakit Dr. M. Soewandhie – Tambak Sari Kota Surabaya

Rizky Yanuar, Theresia MCA

Abstract


Rumah Sakit Dr. M. Soewandhie berada di lokasi Kelurahan Simokerto Kecamatan Tambak rejo Kota Surabaya dimana lokasi ini merupakan pusat perdagangan, jasa, maupun pendidikan. Setiap tahun selalu mengalami peningkatan mobilitas yang sangat tinggi, dimana setiap hari kerap terganggu oleh kondisi parkir yang ada pada badan jalan sekitar Rumah Sakit Dr. M. Soewandhie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan ruang parkir, untuk menentukan pola ruang parkir yang sesuai digunakan pada rumah sakit Dr. M. Soewandhie. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan penelitian dengan survey langsung di lapangan meliputi pencatatan plat nomor keluar masuk untuk mendapatkan total jumlah kendaraan dan menghitung kapasitas eksisting ruang parkir. Dari data kendaraan dan eksisting ruang parkir dilakukan analisis untuk mendapatkan besarnya (SRP) untuk rumah sakit serta akumulasi parkir,volume parkir, durasi/lama waktu parkir, tingkat pergantian parkir, kapasitas parkir, penyediaan parkir, indeks parkir, kebutuhan ruang parkir. Hasil analisis yang diperoleh karakteristik parkir memiliki volume parkir tertinggi kendaraan roda 2 sebanyak 883 kendaraan dan kendaraan roda 4 sebesar 296 kendaraan, durasi parkir rata - rata kendaraan lebih dari 3 jam untuk keduanya, akumulasi parkir tertinggi kendaraan roda 2 sebesar 471 kendaraan/jam dan kendaraan roda 4 sebesar 184 kendaraan/jam, dan kebutuhan ruang parkir untuk (SRP) kendaraan roda 2 sebesar 185 SRP dan kendaraan roda 4 sebesar 83 SRP. Ditinjau dari karakteristik parkir, sehingga eksisting parkir saat ini tidak cukup menampung jumlah kendaraan yang parkir sekarang. Model pola parkir yang direkomendaikan untuk denah rencana parkir kendaraan roda 2 dan roda 4 yaitu 90° dan 45°.

Keywords


Kebutuhan parkir, evaluasi, pola parkir, rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Ria, Fitiana, 2016, “Dampak Pembangunan Jalan Arteri Tohpati Kusamba”. Dimensi, Vol 1 (2) : 1-2.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1996,“Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir”, Lampiran Keputusan Dirjen Perhubungan Darat Fasilitas Parkir, Jakarta.

Direktorat Jendral Perhubungan Darat, 1998,“Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir”, Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas dan Angkutan Kota, Jakarta.

Hobbs, FD.,”Perencanaan Teknik Lalu-Lintas”, edisi kedua. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.

Ofyar Z. Tamin, 2003, “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, Penerbit ITB. Warpani, P. Suwardjoko, 2002, “Pengelolaan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Bandung”, Penerbit ITB.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.