Kajian Teknis Produktivitas Alat Gali Muat pada Tambang Batu Gamping di PT. SEMEN TONASA Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan

Dwi Mayanti Mega Lesmana, Waterman Waterman

Abstract


PT. Semen Tonasa merupakan produsen semen terbesar di kawasan Indonesia Timur. Luas area PT Semen Tonasa sebesar 715 hektar. Berlokasi di Desa Biringere  Kecamatan Bungoro, Kabupaten Pangkep Provinisi Sulawesi Selatan. PT. Semen Tonasa saat ini memiliki pabrik semen dengan kapasitas terpasang 8.725.000 ton semen pertahun yang terdiri dari beberapa unit pabrik semen yaitu Tonasa unit II, III, IV, dan V. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 54 tahun 1971 tanggal 8 september 1971, PT. Semen Tonasa ditetapkan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berbentuk perusahaaan umum (PERUM), kemudian dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 1 tahun 1975 anggal 9 januari 1975 bentuk PERUM tersebut di ubah menjadi Perusahaan Perseroan (PERSERO). Sejak tanggal 15 september 1995, konsolidasi dengan PT. Semen Gresik Group dilaksanakan, sehingga pemegang saham perseroan adalah PT. Semen Gresik (Persero) Tbk, dan Koperasi Karyawan PT. Semen Tonasa (Kopkar).Tujuan penelitian adalah untuk menganalisa produktivitas alat gali muat, menganalisa penyebab alat gali muat tidak mencapai target produksi dan merencanakan teknik peningkatan produktivitas alat gali muat di PT Semen Tonasa sehingga target produksi dapat tercapai. Penelitian ini menganalisa faktor – faktor yang bisa menurunkan produktivitas alat gali muat seperti Digging, swing isi, dumping dan swing kosong. Data diolah menggunakan metode statistic untuk optimasi waktu edar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu edar bisa dikurangi dari 27 detik menjadi 25 detik. Produktivitas bisa di tingkatkan dari 1.161 jam/ton menjadi 1.253 ton/jam. Pengurangan waktu edar yang dihasilkan dalam penelitian ini mampu meningkatkan produksi sehingga memenuhi target.


Keywords


Alat gali muat; Produktivitas; Semen Tonasa; Waktu edar

Full Text:

PDF

References


Hadi, Rochman , 1985 , Kapasitas Produksi Alat – Alat Berat, Departemen Pekerjaan Umum, Badan Pekerjaan Umum.

indonesianto, Yanto. 2007. Pemindahan Tanah Mekanis : Seri Tmbang Umum,Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknologi Mineral, UPN Veteran” Yogyakarta.

Rostiyanti, Susy Fatena. 2014. Alat Berat Untuk Proyek Konstruksi : PT Rineka Cipta.

Bentrovolta, Bentrovolta, Inmarlinianto Inmarlinianto, And Abdul Rauf. "Kajian Teknis Peningkatan Produksi Alat Gali-Muat & Alat Angkut Pada Kegiatan Pengupasan Topsoil Di Stockpile Pt. Kaltim Prima Coal Kalimatan Timur." Jurnal Teknologi Pertambangan 1.2 (2016)..

Tenriajeng, Andi Tenrisukki, 2001, Pemindahan Tanah Mekanis, Gunadarma, Jakarta.

Syahputra, Yoan, Harminuke Eko Handayani, And Fuad Rusydi Suwardi. "Kajian Teknis Produktivitas Alat Gali Muat Backhoeliebherr R 996 Pada Pengupasan Overburden Di Pit Jupiter Pt Kaltim Prima Coal." Jurnal Pertambangan 1.1 (2016).

Rahman, Aulia. Kajian Teknis Produksi Alat Gali Muat Dan Alat Angkut Untuk Memenuhi Target Produksi Pengupasan Overburden Penambangan Batubara Pt. Baturona Adimulya Kabupaten Musi Banyuasin Sumatera Selatan. Diss. Upn" Veteran" Yogyakarta, 2016.

Ghadafi, Moamar Aprilian, Syamsul Komar, And Djuki Sudarmono. "Kajian Teknis Geometri Peledakan Berdasarkan Analisis Blastability Dan Digging Rate Alat Gali Muat Di PIT MT-4 Tambang Air Laya PT Bukit Asam (Persero) Tbk Tanjung Enim, Sumatera Selatan." Jurnal Ilmu Teknik 2.3 (2014).

Anisari, Rezky. "Keserasian Alat Muat Dan Angkut Untuk Kecapaian Target Produksi Pengupasan Batuan Penutup Pada Pt. Adaro Indonesia Kalimantan Selatan." Poros Teknik 4.1 (2012).

Hidayat, Wisma, Rijal Abdullah, and M. S. Murad. "Evaluasi Waktu Kerja Efektif Alat Gali Muat dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan dari Harga Penjualan Batubara pada PT. Britmindo site Bukuan, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur." Bina Tambang 3.1 (2018): 457-469.

Pohan, Ahmad Fauzi, Refky Adi Nata, And Ronal Floren. "Efisiensi Alat Muat Dan Alat Angkut Untuk Pengupasan Overburden Pada Site A Di PT. Samantaka Batubara Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau." Jurnal Sains Dan Teknologi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknologi Industri 17.1 (2017): 18-22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.