Analisis Terjadinya Swabakar serta Penananganan Swabakar di Temporary Stockpile Pit 1 C TE-5900 HS Area Banko Barat di PT. Bukit Asam Tanjung Enim

Andrawina Andrawina, Rika Ernawati

Abstract


PT. Bukit Asam di Tanjung Enim merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penambangan batubara.Untuk memenuhi kebutuhan para konsumen, batubara yang diproduksi harus sesuai dengan permintaan maupun prasyarat yang diinginkan konsumen. Meningkatnya permintaan batubara untuk industri menyebabkan produsen batubara terus menerus meningkatkan produksinya. Batubara yang dihasilkan dari front pada umumnya tidak langsung dikirim ke konsumen sehingga batubara tersebut harus ditumpuk sementara ditempat penumpukan yang disebut dengan istilah stockpile. Permasalahan utama yang dihadapi perusahaan dalam penumpukan batubara pada stockpile adalah swabakar.Penelitian berlokasi di temporary stockpile pit 1 C area Banko Barat. Pengukuran data di lapangan dilakukan untuk mendapatkan dimensi dan untuk mengetahui keadaan di sekitar area temporary stockpile. Pengukuran ini meliputi ketingian stockpile, panjang dan lebar timbunan, dan dimensi saluran terbuka dari stockpile. Monitoring temperatur dilakukan untuk mengetahui perubahan suhu yang terjadi di stockpile. Dari hasil kajian di lapangan didapatkan desain temporary stockpile pit 1 C memiliki, luas dimensi lantai bawah 11.840 m2, tinggi timbunan 23 meter dan sudut timbunan pada temporary stockpile adalah 68,11o. Pemadatan batubara pada stockpile ini tidak dilakukan secara berkesinambungan. Hal inilah yang menjadi salah satu pemicu terjadinya swabakar pada temporary stockpile.


Keywords


Batubara; temporary stockpile; swabakar

Full Text:

PDF

References


Carpenter. A.M.(1999). Management Of Coal Stockpile. IEA Coal Reseach.

H. Mulyana. Kualitas Batubara dan Stockpile Management. PT Geoservices, LTD (2005)

Sukandarrumidi. Batubara dan Gambut. Universitas Gajah Mada (2008)

Filah, M. N., Ibrahim, E., & Ningsih, Y. B. (2016). Analisis Terjadinya Swabakar dan Pengaruhnya Terhadap Kualitas Batubara pada Area Timbunan 100/200 pada Stockpile Kelok S Di PT. Kuansing Inti Makmur. Jurnal Pertambangan, 1(1).

Antono, H. T., & Lutfi, M. (2014). Variabel-Variabel yang Berpengaruh Terhadap Swabakar Batubara Menggunakan Regresi Komponen Utama. STATISTIKA: Journal of Theoretical Statistics and Its Applications, 14(1).

Jolo, A. (2016). Manajemen Stockpile untuk Mencegah terjadinya Swabakar Batubara di PT. PLN (PERSERO) Tidore. DINTEK, 9(2), 6-14.

Syahrul, S., Yusuf, M., & Handayani, H. E. (2014). Efektifitas Penggunaan Cara Pemadatan Untuk Mencegah Terjadinya Swabakar Pada Temporary Stockpile Pit 1B di PT. Bukit Asam (Persero) tbk Tanjung Enim. Jurnal Teknik Pertambangan.

Palox, A. V., Abdullah, R., & Anaperta, Y. M. (2018). Kajian Teknis Penimbunan Batubara pada ROM Stockpile Untuk Mencegah Terjadinya Swabakar Di PT. Prima Dito Nusantara, Job Site KBB, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Bina Tambang, 3(3), 953-962.

Triono, Y. Suryadi Ambak. Kajian Teknis Pencegahan Swabakar Batubara di PT. Bukit Baiduri Energy Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Geologi Pertambangan Vol.2 (2015)

R. Silvika Maksum, Nurhakim, Riswan. Optimasi Pengelolaan Stockrom-Stockpile Serta Simulasi Penanganan Tumpukan Batubara di Stockrom. Jurnal Geosaita Vol.2, No.1 (2016)

R. Fathoni, Solihin, Y. Ashari. Manajemen Penimbunan Batubara pada Lokasi Rom Stockpile PT. Titan Wijaya, Desa Tanjung Dalam, Kecamatan Ulok Kupal, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu. Jurnal Teknik Pertambangan Vol.3, No.1 (2017)

A. Alfarisi, E. Ibrahim, M. Asyik. Analisis Potensi Self Heating Batubara Pada Live Stock dan Temporary Stockpile Banko Barat PT. Bukit Asam. Jurnal Teknik Pertambangan Vol.1, No.3 (2017)

Utamakno, L., Achmad, A., Prasetyo, C. D., & Jondriawan, J. (2017). Kajian Teknis Sistem Penimbunan Batubara pada Intermediate Stockpile di PT. Indonesia Pratama Tabang Kabupaten Kutai Kertanegara Kalimantan Timur Sebagai Langkah dalam Konservasi Energi. Prosiding SENIATI, 3(2), 29-1.

Kaymakci,E.,& Didari,V .2002. Relation between coal properties and spontaneous combustion parameter. Jurnal engineering environmental, Vol 26 tahun 2002, 59-64.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.