Pengaruh Variasi Pendinginan Terhadap Peforma Photovoltaik Kapasitas 100 WP Ddngan Variasi Sudut Kemiringan 0°, 5° dan 10°

Yanuariza Rakhmadanu, Gatot Setyono, Ahmad Anas Arifin

Abstract


Di Surabaya suhu atau temperature udara yang tinggi yang dapat mempengaruhi kinerja pada panel surya. Suhu udara di Surabaya pada siang hari dapat menembus angka diatas 42°C dibandingkan suhu optimal operasi dari panel surya sendiri adalah 25°C. Kenaikan itulah yang membuat daya pada output panel surya menurun / berkurang sekitar -0.7 W/°C. Untuk itu pemanfaatan radiasi matahari dapat di maksimalkan menggunakan suatu system mekanik untuk orientasi modul PV ( Photovoltaic ). Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hasil keluaran daya yang menurun akibat panas berlebihan dengan variasi fluida menggunakan Air biasa dan udara. Pada penelitian ini menggunakan panel surya 100WP dengan metode 3 variasi yaitu tanpa pendinginan 0°,pendinginan 5° dan pendinginan 10°. Hasil analisis pada penelitian ini adalah presentase peningkatan efisiensi sebesar 16,57 % jika dibandingkan dengan panel surya tanpa pendinginan , presentase peningkatan daya keluaran sebesar 2,5%  dan arus meningkat sebesar 0,98%  jika dibandingkan dengan panel surya tanpa pendinginan. Pengaruh variasi pendinginan pada kemiringan memiliki peforma lebih baik daripada tanpa pendinginan 0? dan pendinginan 5? dikarenakan kemiringan 10? lebih mendekati pancaran sinar matahari yang maksimal.


Keywords


Daya Keluaran; Efisiensi; Panel Surya

Full Text:

PDF

References


Hasan Hasnawiya, “Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya Di Pulau Saugi,” J. Ris. dan Teknol. Kelaut., vol. 10, pp. 169–180, 2012.

S. B. dan H. T. Raharjo Puloeng, “Perancangan, dan Pengujian Sistem Hibrid Solar Cell Performa Controllers,” Univ. Jember, vol. 3, pp. 1–5, 2016.

S. S. dan R. P. Napitupulu Richard, “Karakteristik Sel Surya 20 WP Dengan Dan Tanpa Tracking System,” Univ. HKBP Nommensen, vol. 2, pp. 19–25, 2016.

D. Dzulfikar and W. Broto, “OPTIMALISASI PEMANFAATAN ENERGI LISTRIK TENAGA SURYA SKALA RUMAH TANGGA,” 2016.

I. Y. dan A. H. Afriandi, “Implementasi Water Cooling System untuk Menurunkan Temperature Losses pada Panel Surya,” Univ. Tanjungpura Pontianak, vol. 2, no. 1, pp. 136–143, 2017.

T. S. W. Anhar, Basri, M. Amin, Randis, “Perhitungan Lampu Penerangan Jalan Berbasis Solar System,” J. SAINS Terap., vol. 4, no. 1, pp. 33–36, 2018.

Subandi dan Slamet Hani, “Pembangkit Listrik Energi Matahari Sebagai Penggerak Pompa Air Dengan Menggunakan Solar Cell,” J. Teknol. TECHNOSCIENTIA, vol. 7, no. 2, pp. 157–163, 2015.

I. D. S. dan S. Zian Iqtimal, “APLIKASI SISTEM TENAGA SURYA SEBAGAI SUMBER TENAGA LISTRIK POMPA AIR,” KITEKTRO J. Online Tek. Elektro, vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.