Penerapan Arsitektur Perilaku pada Desain Ruang Pendidikan Karakter dan Psycho-training di Samarinda

Lutfia Nur Salamah, Esty Poedjioetami

Abstract

Bekatul padi berpotensi menghasilkan minyak untuk konsumsi sehingga dapat menambah nilai ekonominya
Pendidikan merupakan hal terpenting dalam membentuk karakter anak. Melalui Gerakan Nasional Revolusi
Mental (GNRM), Pemerintah mendukung secara penuh dengan membudayakan pendidikan karakter di
lingkungan pendidikan formal maupun non formal melalui arahan menteri Presiden kepada menteri
pendidikan. Krisis moral pada anak sekarang ini harus segera ditangani dengan benar, untuk itu diperlukan
wadah edukasi dan pelatihan anak yang secara intensif bertujuan membentuk karakter anak yang berakhlak
mulia, bermoral, bertoleran, serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.
Pendidikan Karakter dan Psycho-training adalah sistem edukasi yang melakukan pendekatan ‘holistik’ yaitu
menggunakan pola berpikir secara Psikologi yang berpikir secara menyeluruh dengan mempertimbangkan
segala aspek yang mungkin mempengaruhi tingkah laku manusia atau suatu kejadian melalui psikilogis
anak/peserta didik. Penerapan arsitektur perilaku meliputi kebutuhan ruang, sirkulasi, dan pola rang
berdasarkan aktivitas penggunanya. Jangkauan faktor perilaku itu sendiri meliputi psikologi si pengguna
bangunan, kebutuhan interaksi kemasyarakatan, serta perbedaan-perbedaan sub budaya dalam gaya hidup.
Jika penerapan arsitektur perilaku pada desain ruang pendidikan karakter dan psycho-training ini
dikembangkan secara maksimal, maka akan menciptakan ruang yang mampu merangkup semua kegiatan
edukasi didalamnya sehingga menciptakan suasana yang nyaman secara psikologis dan tidak membosankan
bagi anak. Melalui penerapan desain ini diharapkan tujuan pembelajaran yang mengarah pada pembentukan
karakter dapat tercapai

Keywords

Arsitektur Perilaku;Pendidikan Karakter;Psycho-training

Full Text:

PDF

References

Doni Kusumah A.2007. Pendidikan Karakter. Jakarta:Grasindo.3-5

Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13.1990. Jakarta:Cipta Adi Pustaka

Nopianto, Didik., 2005. Buku Ajar Tata Ruang Dalam. Semarang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang

Refbacks

  • There are currently no refbacks.