Analisis Produktivitas Menggunakan Metode Marvin E. Mundel dan Productivity Evaluation Tree (PET)

Ollifia Ayu Ningtyas, Lukmandono Lukmandono

Abstract


Perkembangan industri manufaktur menuntut pelaku usaha untuk terus meningkatkan daya saing dari produk yang dihasilkan. Persaingan di antara perusahaan diukur dari tingkat produktivitas perusahaan. Pengukuran produktivitas dapat menunjukan antara hasil pengukuran suatu kinerja dengan memperlihatkan sumber daya yang digunakan sehingga dapat tercapainya efisiensi dan efektifitas. PT. Karyamitra Budisentosa merupakan perusahaan manufaktur yang memproduksi sepatu kulit. Perusahaan ini ditahun-tahun sebelumnya hanya melakukan audit eksternal dan internal saja untuk melihat apakah perusahaan sudah pada tingkat produktivitas yang diharapkan atau belum. Metode Marvin E. Mundel merupakan salah satu cara untuk mengukur tingkat produktivitas dengan menitikberatkan pada biaya dengan input biaya material, tenaga kerja, energi dan maintenance dan hasil pendapatan sebagai output, dengan periode ukur Januari 2017 sampai Desember 2018. Produktivitas total pada perusahaan didapatkan indeks tertinggi pada Desember 2018 sebesar 153,07% dan indeks terendah pada Agustus 2018 sebesar 69,80. Evaluasi produktivitas menggunakan Productivity Evaluation Tree (PET). Produktivitas total yang dihasilkan berada pada alternatif 7 dengan nilai 0.650 dimana yang perlu diperbaiki atau diminimalisasi adalah dari segi penggunaan energi pada perusahaan.


Keywords


Produktivitas; Marvin E. Mundel; Productivity Evaluation Tree (PET)

Full Text:

PDF

References


M. E. Mundel, “Analisis Pengukuran Produktivitas Dengan Model The American Productivity Center ( Apc ) Dan Marvin E . Mundel ( Studi Kasus Pada Bagian Pabrikasi Pg . Madubaru Madukismo ) Masharyono , Ira Setyaningsih , Siti Husna Ainu Syukri Teknik Industri Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,” Pp. 23–31, 2010.

H. Murnawan, “Evaluasi Produktivitas Dengan Metode Fishbone Di Perusahaan Percetakan Kemasan Pt . X Latar Belakang Masalah,” Vol. 11, No. 1, Pp. 27–46, 2014.

M. Marvin, E. M. Di, And P. T. Xyz, “Evaluasi Dan Analisis Produktivitas Dengan Menggunakan,” Vol. 2, No. 1, Pp. 48–53, 2013.

D. Sebagai, S. Memperoleh, G. Sarjana, J. Teknik, I. Fakultas, And U. M. Surakarta, “Naskah Publikasi Ilmiah Analisis Produktivitas Menggunakan Metode The American Productivity Center (Apc) (Studi Kasus Di Pt. Iskandar Tex, Surakarta),” 2014.

V. Nomor Et Al., “Politeknik Manufaktur Astra Perancangan Produktivitas Operasi Menggunakan Metode Objective Matrix ( Omax ) Di Industri Komponen Otomotif Studi Kasus Komponen Clutch Oem Roda Dua Pt . Fcc Indonesia Nursim,” Vol. 8, Pp. 1–18, 2017.

P. Pemasaran, F. P. Suprobo, N. L. P. Hariastuti, C. Mardiana, And R. Prihatin, “Pengukuran Produktivitas Kinerja Ukm Sandang-Kulit Berdasarkan Aspek Produksi Dan Pemasaran,” No. May, 2014.

S. Kasus Et Al., “Oleh : Analisis Produktivitas Dengan Menggunakan Metode Marvin E . Mundel ( Studi Kasus Di Ud . Sabar Jaya Malang ) Productivity Analysis Using Marvin E . Mundel Method ( Study Case In Ud . Sabar Jaya Malang ),” 2014.

T. Products, “Productivity Of Textile Industry And Textile Products In Central Java,” Vol. 10, No. 2, Pp. 257–272, 2017.

A. Bakar, O. Suprianto, And Y. Yuniati, “Usulan Peningkatan Produktivitas Berdasarkan Metode Mundel Dan Apc Di Pt . Raffsya Media,” Vol. 2, No. 2, Pp. 1–13, 2017.

A. S. Muchlison Anis, Siti Nandiroh, “Usaha Peningkatan Produktivitas Dengan Productivity Evaluation Tree (Pet) Models,” Ilm. Tek. Ind., Vol. 5, Pp. 106–112, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.