Analisis Peningkatan Produktivitas Perusahaan Menggunakan Objective Matrix dan Pendekatan Lean Manufacturing

Moch Kalam Mollah, Muhammad Singgih Nugraha, Rony Prabowo

Abstract


PT. Bina Satria Abadi Sentosa – Gresik merupakan perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pengolahan kayu dan memproduksi Plywood. Saat ini pencapaian tingkat produktivitas perusahaan masih mengalami fluktuasi yang tajam, hal ini disebabkan karena masih belum optimalnya beberapa input produksi yang dijadikan kriteria dalam pengukuran produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tingkat produktivitas perusahaan dan juga meminimasi waste yang mempengaruhi tingkat produktivitas perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode objective matrix dan lean manufacturing untuk membantu melakukan pengukuran produktivitas dan meminimasi waste yang terjadi. Dari hasil perhitungan yang dilakukan didapatkan hasil bahwa tingkat produktivitas tertinggi terjadi pada bulan November 2018 dan Februari 2019 dengan indeks produktivitas naik sebesar 85% dari produktivitas standart dan yang terendah terjadi pada bulan Juli 2018 dengan indeks produktivitas turun 19% dari produktivitas standart. Dan untuk faktor yang mempengaruhi tingkat produktivitas adalah masih tingginya jumlah produk defect yang dihasilkan dari proses produksi dan juga masih belum maksimalnya output produksi yang dihasilkan dari total jam kerja yang tersedia. Untuk meminimasi waste yang terjadi pada proses produksi dipilih 2 tools yaitu PAM dan QFM. Dengan PAM dapat meningkatkan PCE hingga 88,20%, dan untuk QFM melakukan pengecekan secara berkala pada material dan mesin produksi juga membuat SOP dan melakukan training untuk operator dan karyawan.


Keywords


Produktivitas; waste; objective matrix; lean manufacturing

Full Text:

PDF

References


D. Mourtzis, P. Papathanasiou, and S. Fotia, “Lean Rules Identification and Classification for Manufacturing Industry,” Procedia CIRP, vol. 50, pp. 198–203, 2016.

R. Setiowati, “ANALISIS PENGUKURAN PRODUKTIVITAS DEPARTEMEN PRODUKSI DENGAN METODE OBJECTIVE MATRIX ( OMAX ) PADA CV . JAYA MANDIRI,” vol. 10, no. December 2012, pp. 199–209, 2017.

C. P. Singarimbun, “Implementasi objective matrix (omax) dan root cause analysis (rca) dalam analisis produktivitas di pg. pesantren baru,” 2018.

T. G. Amran and M. Yasin, “PENINGKATAN PRODUKTIVITAS MENGGUNAKAN OBJECTIVE MATRIX DAN FAULT TREE ANALYSIS DI DIVISI ASSEMBLY,” vol. 7, no. 1, pp. 35–46, 2017.

T. Rachman, “FAULT TREE ANALYSIS ( FTA ),” pp. 1–11, 2016.

J. Choomlucksana, M. Ongsaranakorn, and P. S. F, “Improving the productivity of sheet metal stamping subassembly area using the application of lean manufacturing principles,” Procedia Manuf., vol. 2, no. February, pp. 102–107, 2015.

Daonil, Implementasi lean..., Daonil, FT UI, 2012. 2012.

K. Arbelinda and R. Rumita, “PENERAPAN LEAN MANUFACTURING PADA PRODUKSI ITC CV . MANSGROUP DENGAN MENGGUNAKAN VALUE STREAM MAPPING,” pp. 1–10, 2017.

P. Marksberry, “The Role of The Executive in Lean: a Quality Thesis Based on The Toyota Production System,” Int. J. Lean Think., vol. 2, no. 2, 2011.

T. Kurniawan, “PERANCANGAN LEAN MANUFACTURING DENGAN METODE VALSAT PADA LINE PRODUKSI DRUM BRAKE TYPE IMV (STUDI KASUS: PT. AKEBONO BRAKE ASTRA INDONESIA),” 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.