Integrasi Kendali Jauh Elektronik Rumah Pintar Menggunakan Smartphone Android Berbasis RASPBERRY PI dan Protokol Wi-Fi Web Socket

Andy Suryowinoto, Ayyub Rizaldy

Abstract


Konsep sistem rumah pintar merupakan bagian dari inovasi Internet of Things dan peralatan kendali elektronik embeded,  Tujuan integrasi sistem kendali jarak jauh rumah pintar ialah dalam antisipasi kelalaian yang dilakukan oleh pemilik rumah dapat mengakibatkan kejadian yang dapat merugikan dan pemborosan energy listrik.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dimana teknologi berbasis koneksi internet wi-fi  menggunakn protokol web socket yang dihubungkan dengan Raspberry Pi 3 yang berfungsi untuk mengendalikan peralatan elektronik di rumah dan memberikan umpan balik (berdasar sensor) ke handphone android atas status peralatan dirumah, dengan perangkat elektronik yang bisa berkomunikasi  dan  memberikan umpan balik satu sama lain melalui jaringan internet dan database yang ada di google firebase sebagai web server kode kendali peralatan di rumah pintar. Dari hasil uji coba, on-off lampu, buka-tutup pintu dan jendela yang masing-masing di uji 5 kali percobaan di dapatkan persentase interval punyai respon time 3,23% dan rata-rata sistem keseluruhan punyai respon time 3,42 detik. Maka dari analisa dan percobaan didapatkan kesimpulan bahwa penelitian ini dengan menerapkan integrasi sistem Smarthome, pemilik rumah dapat mengontrol perangkat rumah dari jarak jauh dengan menggunakan Smartphone Android berhasil untuk kendali jauh dan untuk memonitor peralatan rumah berbasis web server. Dimana, Raspberry Pi 3 sebagai pusat pengendali peralatan dalam rumah.


Keywords


Smarthome; Raspberry Pi 3; Smartphone; Web Server; kendali Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


Farisqi Panduardi, Endi Sailul Haq. 2016. “Wireless Smarthome System Menggunakan Raspberry Pi Berbasis Android”, Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, Politeknik Negeri Banyuwangi, Vol.3, No. 01.

Dias Prihatmoko, (2017), “Pemanfaatan Raspberry Pi Sebagai Server Web Untuk Penjadwalan Kontrol Lampu Jarak Jauh”, Jurnal Teknologi Informasi, Telekomunikasi Dan Elektronika, Teknik Elektro, UNISNU Jepara, Vol.9, No. 01.

Maya Rahayu, Arjuni Budi P., Erik Haritman. 2014. “Pengontrolan Alat Elektronika Melalui Media Wi-fi Berbasis Raspberry Pi ”, Teknik Elektro, FPTK UPI, Vol.13, No. 01.

Cilsy Official. 2017. “Tutorial Raspberry Pi 3”, Jurnal PT Cilsy Fiolution Indonesia (diakses 14 Maret 2018).

Erick Fernando. 2014. “Automatisasi Smarthome Dengan Raspberry Pi Dan SmartphoneAndroid”, Teknik Informatika, STIKOM Dinamika Bangsa. (diakses 16 Januari 2018).

Andy Suryowinoto. Sulistyowati, R., Fahruzi, A. 2019. “Prototype of the Monitoring System and Prevention of River Water Pollution Based on Android”. Teknik Elektro, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya. Surabaya.

Achmad Rizali, (2015), “Pemrograman Jaringan OSI Layer Dan TCP/IP”, Jurnal Teknik Informatika, STMIK AKBA, Makasar.

Yama Fresdian Dwi. 2013. “Cloud Database”, Jurnal Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.