Analisis Perbandingan Antara Wirtgen Type Sp-500 Dan Alat Angkut Truck Mixer Pada Pekerjaan Rigid Pavement Ditinjau Dari Segi Waktu Dan Biaya Pada Proyek Jalan Tol Surabaya – Mojokerto Seksi 1b

Siti Choiriyah, Gati Sri Utami, Muhammad Nur Saifudin

Abstract


Pembangunan jalan tol sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dan mempersingkat jarak. Pekerjaan jalan tol Surabaya – Mojokerto 1B terbagi konstruksinya menjadi dua yaitu integral bridge dan timbunan, perencanaan jalannya yaitu rigid pavement, untuk pelaksanaannya menggunakan alat berat Wirtgen type sp-500, Excavator, Dump truck, dan Truck mixer. Penelitian ini membandingkan antara pekerjaan rigid pavement menggunakan metode mekanik (Wirtgen type sp 500) dengan manual (truck mixer), untuk mengetahui produktivitas, biaya, dan waktu. Dari analisis biaya dengan wirtgen type sp-500 lebih efisien dengan total biaya langsung Rp.10,826,959,865.70. Dari segi waktu pelaksanaannya wirtgen type sp 500 juga lebih efektif dapat menyelesaikan pekerjaan dengan durasi waktu 16 hari. Sedangkan total biaya truck mixer sebesar Rp.11,314,161,143.18 dengan durasi 29 hari Adapun kelebihan dari wirtgen type sp 500 pelaksanaannya lebih cepat sedangkan dari segi kekuranganya wirtgen type sp 500 tidak bisa menerima slump beton 5±2. Maka dengan ini alat angkut wirtgen type sp 500 bisa digunakan sebagai alternatif pemilihan metode alat angkut yang efektif dengan biaya yang efisien apabila digunakan terutama pada proyek jalan tol dalam skala panjang.

Keywords


Rigid Pavement; Waktu; Biaya Langsung; Dump Truck; Truck Mixer

Full Text:

PDF

References


Priyo, Mandiyo. 2016. Analisis Percepatan Waktu dan Biaya Proyek Konstruksi dengan Penambahan Jam Kerja (Lembur) Menggunakan Timr Cost Trade Off : Studi Kasus Proyek Pembangunan Prasarana Pengendali Banjir. Jurnal Ilmiah Semesta Teknika Vol. 19, No. 1, 1-15, Mei 2016.

(http://journal.umy.ac.id/index.php/st/article/view/2233/2292, 5 September 2019)

Jatmikanto, R,. 2011. Studi Perbandingan Rigid Pavement Metode Konvensional Dengan Metode PPCP (Precast Prestress Concrete Pavement) Di Tinjau Dari Segi Biaya Dan Waktu, (Lokasi Studi : Jalan Tol Surabaya – Mojokerto). Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institute Teknologi Sepuluh November Surabaya. (https://vdocuments.site, 25 Januari 2018).

Gautama, G,. 2017. Efektivitas Penggunaan Rigid Pavement (STA 140+000 s/d STA 140+400) Pada Ruas Jalan Tol Bakauheni – Terbanggi Besar Provinsi Lampung. Vol.6 No.2 Mei 2017. (ojs.ummetro.ac.id, 25 Januari 2018).

Maddeppungeng, A,. Soedarsono,. dan Depyudin, Y,. 2012. Analisis Produktivitas Alat-Alat Berat Studi Kasus Proyek Pembangunan Jalan Antartika II Di Kawasan Industri Krakatau Stell, Cilegon. Jurnal Fondasi, Volume 1 Nomor 1. (https://jurnal.untirta.ac.id, 07 April 2018).

Syanjayanta, B,. 2017.Perencanaan Dan Estimasi Teknis Rehabilitas Jalan Ampera 1 Distrik Merauke .Vol.6 No.3 Desember 2017. (https://ejournal.unmus.ac.id, 12 September 2018).

Tenriajeng Tenrisukki, A,. dan Firawati, N,. 2013. Kajian Kinerja Pelaksanaan Pekerjaan Perkerasan Kaku (Perbandingan Dengan Menggunakan Alat Concrete Paver “Wirtgen SP 500” Dan Dengan Metode Manual). Jurusan Teknik Sipil, Universitas Gunadarma, Jl. Margonda Raya 100 Depok 16424, (https://Portalgaruda.org, 01 Oktober 2018).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.