PENERAPAN STRATEGI PEMASARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN DENGAN METODE STP(SEGMENTING, TARGETING,DAN POSITIONING)DAN ALGORITMA APRIORI

ananda adik alam saputra, Suparto Suparto

Abstract

Tingginya persaingan di dunia bisnis menuntut setiap perusahaan perlu memiliki keunggulan kompetitif agar mampu bersaing dalam dunia bisnis, khususnya dalam persaingan di industriproperty. Rancangan strategi yang tepat merupakan salah satu keunggulan kompetitif yang harus dimiliki oleh sebuah bisnis.. PT. Tegel Soeryo cabang Surabaya merupakan perusahaan yang melayani penjualan produk tegel lantai dan keramik lantai. Dalam menjalankan kegiatan pemasarannya perusahaan ini masih sering mengalami kegagalan, kegagalan ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah kualitas produk yang kurang baik, harga produk yang terlalu tinggi, distribusi produk yang lambat, atau promosi yang kurang baik dapat menjadi penyebab produk kurang diminati pasar dan konsumen. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmenting pasar, targeting pasar, postioning pasar pada produk Tegel dan Keramik di PT. Tegel dan untuk membantu mengembangkan strategi dengan algoritma Apriori dalam pengembangan strategi pemasaran. Hal ini dilakukan dengan menerapkan metode STP dan Algoritma Apriori. Berdasarkan hasil penelitian segmentasi diketahui bahwa berada pada segmen geografis dan demografi, targeting nya memiliki dua target dalam dua kelas yakni kelas atas dan kelas menengah dimana perbedaan dipengaruhi penghasilan, positioning yang diinginkan sebagai leader market dan berdasarkan algoritma apriori upaya peningkatan penjualan dengan memilih produk yang berpendukung dengan confidence sebesar 80% keatas dapat digunakan sebagai produk yang menjadi strategi prioritas untuk ditawarkan oleh PT. Tegel Soeryo.

Kata kunci: Segmenting, Targeting, Positioning, Algoritma Apriori, Strategi Pemasaran, Peningkatan Penjualan.

Keywords

Segmenting, Targeting, Positioning, Apriori Algorithm, Marketing Strategy, Increasing Sales

Full Text:

PDF

References

Widya, C. (2017). Servqual dan Gap Analysis. 4, 9–15.

Firmansyah, A. (2013). Penerapan Manajemen Perubahan Pada Manajemen Proyek ERP di Universitas Xyx Dengan Metoda Prosci ADKAR. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kristiana, I. G. (2018). Pengaruh Green Product, Green Price, Green Place dan Green Promotion Terhadap Perilaku Pasca Pembelian Konsumen Air Minum Dalam Kemasan di Kabupaten Bandung. 17(2), 19–31.

Hendrawan, H. (2021). Analisa SWOT dan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) terhadap Strategi Pemasaran digital pada Usaha Mikro – Bunda Culinary. JKBM (Jurnal Konsep Bisnis Dan Manajemen), 7(2), 127–138.

Hidayah, I., Ariefiantoro, T., Nugroho, D. W. P. S., & Suryawardana, E. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu). Solusi, 19(1), 76–82.

Ilhami, S. D., & Setiadi, T. (2022). Penguatan Produk “Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran. Jurnal Aplikasi dan Inovasi Ipteks “Soliditas” (J-Solid), 5(2), 202.

Maryanto, T., & Rakhim Syahida, A. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Hasil Penjualan di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 34–39.

Mulya, M. F., Rismawati, N., & Alifi, R. R. (2019). Analisis dan Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Kantin Universitas Tanri Abeng. Faktor Exacta, 12(3), 210.

Setiawan, A., & Putri, F. P. (2020). Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan. Ultimatics: Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 66–71.

Sophia, D., & Banowosari, L. Y. (2017). Implementasi Metode Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Transaksi Penjualan di Waroeng Spesial Sambal. Jurnal Informatika dan Komputer, 22(1), 44–56.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.