Penerapan Teori Antrian dalam Pengukuran Sistem Layanan Stand Makanan di Universitas X di Surabaya

Yoel Fortunatus

Abstract

Stand makanan berkembang dengan pesat terutama di lingkungan pelajar maupun mahasiswa. Antrian menjadi masalah yang sering terjadi karena kebanyakan pelanggan tidak suka menunggu lama. Beberapa hal yang menyebabkan antrian terjadi di stand makanan yaitu ketika jam istirahat atau pelayanan yang kurang efisien. Faktor penyebab antrian dapat dikurangi dengan penerapan teori antrian pada sistem layanan yang ada. Pada penelitian ini, akan diterapkan teori antrian untuk membantu mengurangi antrian yang sering terjadi di beberapa sistem layanan yang sudah ada. Hal ini dilakukan perhitungan model M/M/1 pada Stand makanan di Universitas X Surabaya. Hasil yang di dapat pada penelitian ini adalah rata- rata waktu pelanggan mengantri dalam sistem selama 5 menit dan probabilitas pelayanan sibuk sebesar 50%.

Keywords

Sistem, antrian, pelayanan, pelanggan, menganggur

Full Text:

PDF

References

Farkh, F., Hendikawa, P., & Arifud, R. (2013). Aplikasi Teori Antrian dan Simulasi pada Pelayanan Teller Bank. 2(1).

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi. Deeppublish.

Lucyantoro, B. I., & Rachmansyah, M. R. (2017). Penerapan Strategi Digital Marketing, Teori Antrian Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan:(Studi Kasus di MyBCA Ciputra World Surabaya). EKONOMIKA45: Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi Bisnis, Kewirausahaan, 5(1), 38–57.

Puspita, N. S., Sugito, & Warsito, B. (2016). Penerapan Teori Antrian Pada Pelayanan Teller Bank X Kantor Cabang Pembantu Puri Sentra Niaga. Jurnal Gaussian, 6(1), 81–90.

Sucipto, A., & Hermawan, I. D. (2017). Sistem Layanan Kesehatan Puskesmas menggunakan Framework Yii. Jurnal Tekno Kompak, 11(2), 61–65.

Tyoso, J. S. P. (2016). Sistem Informasi Manajemen (1st ed.). Deeppublish.

TEORI SIMULASI ANTRIAN. (n.d.).

Zacoeb, A. (2018). METODE ANTRIAN (Queuing Method). www.zacoeb.lecture.ub.ac.id

Refbacks

  • There are currently no refbacks.