Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Rumah Tingkat Menengah Mewah di Kota Surabaya
Abstract
Permintaan rumah dengan kisaran harga Rp. 1,5 M-Rp. 4 M yang merupakan tingkat menengah mewah di Kota Surabaya untuk hunian sebesar 48,77%. Pembangunan perumahan dilakukan pada kawasan Surabaya Barat, Timur dan Selatan. Dengan tingkat permintaan yang cukup tinggi, perusahaan pengembang bersaing menyediakan rumah tingkat menengah mewah dengan mempertimbangkan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli rumah. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan membeli rumah tingkat menengah mewah di Kota Surabaya. Beberapa variabel yang diterapkan pada penelitian ini yaitu lokasi, bangunan (desain dan fisik), lingkungan, harga, fasilitas, perilaku konsumen (budaya, sosial, pribadi), tingkat penghasilan, promosi dan reputasi developer. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang diberikan kepada pembeli rumah di perumahan Amesta Living, Graha Natura dan Grand Harvest. Hasil penelitian ini diperoleh 7 variabel yang terbagi dalam 3 kelompok faktor. Kelompok faktor 1 terdiri dari variabel fasilitas dan tingkat penghasilan, faktor 2 terdiri dari variabel lokasi, lingkungan dan harga, serta faktor 3 terdiri dari variabel promosi dan reputasi developer. Dari ketiga kelompok faktor tersebut, faktor prioritas dalam keputusan membeli rumah adalah faktor 2 yang terdiri dari variabel lokasi, lingkungan dan harga.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
P. Baru, J. Timur, P. Candra, J. Timur, and T. Cookies, “jalan oerr surabaya”.
J. T. Melesu, S. P. Di, and S. T. Kuat, “Ini Rahasia Sektor Perumahan Di Surabaya Tetap Perkasa Jawa Timur Melesu , Sektor Perumahan Di,” 2021.
“View of ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PROPERTI DI KOTA BATAM.pdf.”
N. Indriastuty, S. Sukimin, and S. D. Deomedes, “Perilaku Konsumen Berbelanja di Minimarket Gunung Mas Abadi Balikpapan,” JSHP ( J. Sos. Hum. dan Pendidikan), vol. 2, no. 2, p. 154, 2018, doi: 10.32487/jshp.v2i2.502.
F. Santoso and Z. Anas, “Analisis faktor - faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen terhadap pembelian rumah,” J. Manag. Digit. Bus., vol. 1, no. 3, pp. 163–174, 2021, doi: 10.53088/jmdb.v1i3.323.
T. Samudra, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Pt. Fitria Trans Tamara Banjarmasin,” 2021, [Online]. Available: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/7819/
A. S. C. Wijaya, T. Kwanda, and J. Rahardjo, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Rumah Dan Apartemen Kelas Menengah Bawah Di Surabaya, Gresik, Dan Sidoarjo,” Dimens. Utama Tek. Sipil, vol. 5, no. 1, pp. 22–29, 2018, doi: 10.9744/duts.5.1.22-29.
“Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan User Dalam Pembelian Rumah Pada Perumahan,” pp. 199–211.
M. Jannah, “Proses Keputusan Pembelian,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/914/05.2 bab 2.pdf?sequence=8&isAllowed=y#:~:text=Proses Keputusan Pembelian-,Menurut Kotler dan Keller (2009)%2C proses keputusan pembelian merupakan,dan memiliki dampak yang lama
D. Dewi, Nurmala, Nuraheni, Ayunita, “Uji Validitas dan Reliabilitas,” Univ. Diponegoro, vol. 7, no. 1, pp. 1–15, 2018.
Septiani, Universitas negeri semarang 2019. 2019.
Refbacks
- There are currently no refbacks.