Pengembangan Website Berbasiskan Model Waterfall untuk Kegiatan Administrasi dan Pelaksanaan Prakerin pada SMK YPM 14 Jombang

Achmad Choirul Anwar, Shah Khadafi

Abstract

Website merupakan salah satu aplikasi dengan platform digital yang digunakan untuk melakukan pencarian informasi, bahkan dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasiskan web browser. Prakerin kepanjangan dari Praktek Kerja Industri adalah aktivitas pendidikan dan melakukan pengalaman kerja yang dilaksanakan oleh siswa SMK yang dilakukan di dunia industri atau sebuah perusahaan. Sekolah SMK YPM 14 Jombang mengadakan kegiatan prakerin untuk mendukung dan mencukupi kebutuah akan pembelajaran siswa SMK di dunia industry. Pelaksnaan Prakerin di SMK tersebut masih dilakukan secara konvensional dan manual, dimana pelaksnaan pendaftaran, kegiatan administrasinya, dan pembuatan surat menyurat masih dilaksanakan pengajuan secara manual dengan menulis pada form. Tentunya hal ini dapat menjadi kendala bagi sekolah SMK YPM 14 Jombang dalam mewujudkan kegiatan prakerin yang efektif dan efisien. Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem yang mendukung kegiatan prakerin secara online yang dapat memudahkan pengajuan dan pelaksnaan secara cepat dan efisien. pengembangan website Prakerin ini menggunakan model waterfall. Pengujian website ini menggunaka teknik black-box testing untuk menguji kelayakan sistem. Penulis juga menggunakan standar penilaian ISO 9126-3 untuk menguji kelayakan dari aplikasi website prakerin sebelum digunakan oleh pihak sekolah. Perhitungan dari ISO 9126- 3 tersebut diperoleh hasil rata-rata (mean) sebesar 95,32% yang menandakan aplikasi website prakerin layak untuk digunakan.

Keywords

Prakerin; waterfall; website; ISO 9126-3

Full Text:

PDF

References

F. A. Muthahari and S. Khadafi, “Implementasi VPS Pada Cloud Infrastructure Untuk Layanan Mail Server Personal PT.Garuda Voucher Indonesia”.

A. Rohman and H. Herlawati, “Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Pada SMK Taruna Bangsa Bekasi,” BINA INSANI ICT J., vol. 4, no. 2, Art. no. 2, Dec. 2017.

J. Endriyanto, S. Sumarlinda, and A. I. Pradana, “Sistem Informasi Manajemen Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Berbasis Mobile Android di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo,” DutaCom, vol. 14, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2021, doi: 10.47701/dutacom.v14i1.2012.

S. Khadafi, A. H. G. Salim, N. Nopendri, R. Prabowo, and C. Anam, “Rancang Bangun Website UKM Reviora Tanggulangin Sidoarjo Menggunakan Metode Waterfall Sebagai Media Pemasaran Online,” Sep. 2019. Accessed: Oct. 06, 2023. [Online]. Available: https://www.semanticscholar.org/paper/Rancang-Bangun-Website-UKM-Reviora-Tanggulangin-Khadafi-Salim/a02ddcba0589b99cf224da9d795caa3a6b847577

S. Suwarni, “Manajemen Praktik Kerja Industri,” Manajer Pendidik., vol. 9, no. 1, p. 270881, 2015.

M. Wena, Pendidikan sistem ganda, Ed. 1. Tarsito, 1996.

S. Khadafi, S. H. Ichwanto, M. A. Salim, and C. Anam, “PERANCANGAN WEBSITE DAN AKUN SOSIAL MEDIA UNTUK UKM REVIORA TANGGULANGIN SIDOARJO GUNA MENGHADAPI ERA INDUSTRI 4.0”.

S. Khadafi, S. Nurmuslimah, and F. K. Anggakusuma, “IMPLEMENTASI FIREWALL DAN PORT KNOCKING SEBAGAI KEAMANAN DATA TRANSFER PADA FTP SERVER BERBASISKAN LINUX UBUNTU SERVER,” vol. 4, no. 3, 2019.

S. Khadafi, Y. D. Pratiwi, and E. Alfianto, “KEAMANAN FTP SERVER BERBASISKAN IDS DAN IPS MENGGUNAKAN SISTEM OPERASI LINUX UBUNTU,” Netw. Eng. Res. Oper., vol. 6, no. 1, p. 11, Apr. 2021, doi: 10.21107/nero.v6i1.190.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.