Implementasi Digital Library System dengan Model Prototype di SMK Labschool UNESA 1 Surabaya

Rachman Arief, Andy Rachman, Rayinda Aseti Prafianti

Abstract

Pengolahan data di perpustakaan SMK Labschool Unesa 1 Surabaya masih menggunakan sistem manual. Maka dari itu dibutuhkan sistem yang dapat mempermudah perpustakaan dalam mengolah data serta mempermudah pengguna perpustakaan dalam memperoleh informasi. Berdasarkan permasalahan tersebut diusulkan adanya pengembangan digital library system dengan model prototype. Model prototype terdiri dari empat tahapan, yaitu pengumpulan kebutuhan, proses desain yang cepat, membangun prototype, serta evaluasi dan perbaikan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Digital Library System ini nantinya dapat diakses melalui handpohone yang terkoneksi dengan jaringan internet. Dengan langkah mudah dan cepat pengguna perpustakaan dapat mencari dan mendapatkan berbagai informasi dimana saja dan kapan saja seputar perpustakaan SMK Labschool Unesa 1 Surabaya. Pengguna perpustakaan juga bisa mengakses buku digital melalui digital library system yang dikembangkan. Digital library system ini juga diharapkan mempermudah pustakawan dalam mengolah data perpustakaan.

Keywords

Digital Library System, Implementasi, Model Prototype

Full Text:

PDF

References

N. W. S. Budi, “Implementasi Penggunaan Digital Library Di Sma Negeri Bali Mandara,” vol. 2, no. 2, hal. 69–74, 2022.

A. Putra Yudha, S. Yanuar Sinatra, dan S. Tinggi Teknik Malang, “Perancangan dan Implementasi Aplikasi Perpustakaan Berbasis Web dengan SMS Gateway Menggunakan Metode Waterfall di SMP Negeri 2 Singosari,” 2015.

O. P. M dan J. B. P, “Software prototyping: A strategy to use when user lacks data processing experience ARPN J,” Syst. Softw, vol. 2, no. 6. hal. 219–24.

Y. T. Keban, Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik: Konsep, Teori, Isu. Yogyakarta: Gava Media, 2008.

D. Hendarsyah, “Digitalisasi dan Sistem Otomasi Perpustakaan STIE Syari’ah Bengkalis,” IQTISHADUNA J. Ilm. Ekon. Kita, vol. 2, no. 1, hal. 443–460, 2013.

B. Nugroho, “Pembuatan Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Pada Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Donorojo Kabupaten Pacitan,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 3, no. 4, hal. 23, 2011.

A. F. K. Sibero, Web Programming Power Pack. Yogyakarta: Mediakom, 2013.

A. Zaki, Kiat Jitu Membuat Website Tanpa Modal. Jakarta: Elexmedia Komputindo, 2009.

D. Purnomo, “Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, hal. 54–61, 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.