Implementasi Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Penjualan Alat Kesehatan

Budanis Dwi Meilani, Fandi Tiandanoe Pribadi

Abstract

Data mining dimanfaatkan sebagai ekstraksi informasi penting dari dataset besar. Karena adanya data mining, kemudian diperoleh suatu permata berbentuk pengetahuan di dalam kumpulan data-data. Dengan memanfaatkan data mining manajer toko bisa mengetahui minat konsumen menggunakan cara menganalisa pola penjualan barang yang dibeli konsumen pada data transaksi yang dimiliki oleh toko menggunakan metode data mining yaitu salah satunya dengan menggunakan Algoritma Apriori. Aktivitas ini sebagai landasan untuk mendukung keputusan pada saat pembuatan keputusan. Sistem yang disusun pada penelitian kali ini menggunakan bahasa pemorgraman php dan database Mysql. Proses dari sistem ini memiliki tujuan untuk mencari aturan asosiasi yang sebagai informasi tentang pola penjualan barang apa saja yang sering terjual secara bersamaan oleh konsumen. Untuk memperoleh akurasi sistem maka dilakukan uji coba sebanyak 11 kali percobaan sehingga diperoleh hasil akurasi sistem sebesar 100 %, maka hasil tersebut dapat digunakan untuk dipertimbangan dalam menentukan pola penjualan produk.

Keywords

Pola; Penjualan; Apriori; Produk

Full Text:

PDF

References

Eka, F. W. (2014). Aplikasi Data Mining Market Basket Analysis Penjualan Suku Cadang Sepeda Motor Menggunakan Metode Association Rules Pada Pt. Sejahtera Motor,Simki.lp2m.unpkediri.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2001). Strategic Management ini Action, Konsep, Teori, dan Teknik Menganalisis Manajemen Strategis Strategic Business Unit Berdasarkan Konsep Michael R. Porter, Fred R. David, dan Wheelan-Hunger. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kusrini & Emha Taufiq Luthfi. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

Larose, Daniel T. (2005). Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. John Willey & Sons. Inc.

Kusrini (2009), Algoritma Data Mining, Andi Offset

Jiawei Hans (2011), Data Mining Concept and Techniques, University of Illiois at Urbana Champaign Micheline Kamber Jian Pei Simon Praser University

Zunan Setiawan dkk (2023), Buku Ajar Data Mining, PT Sonpedia Publishing Indonesia

Nurchalifatun, F. (2014). Penerapan Metode Asosiasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Kombinasi Antar Itemset Pada Pondok KOPI. http://eprints.dinus.ac.id/16842/1/jurnal_15975.pdf.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.