Perbandingan Metode Tuning PID pada Pengaturan Suhu pada Inkubator

Yoga Alif Kurnia Utama, Erwin Dhaniswara, Leonardus Setia Budi Wibowo

Abstract

Salah satu tantangan dalam pengendalian suhu adalah ketidakstabilan suhu luar ruangan yang akan mempengaruhi ketidakstabilan suhu di dalam ruangan. Hal ini menjadi masalah untuk sistem yang memerlukan tingkat kepresisian suhu tinggi seperti inkubator bayi, oven dan lain-lain. Penelitian ini akan membuat sebuah kontrol untuk mengatasi hal tersebut yaitu PID Disturbance Observer (PID-DOB). Penelitian ini akan membandingkan antara kontrol PID konvensional dan PID-DOB. Nilai konstanta PID akan dihitung menggunakan Simulated Annealing(SA), Differential Evaluation (DE), dan Bat Algorithm (BA). Ketiga metode tersebut akan diuji pada sistem inkubator dengan nilai set point yang tetap yaitu sebesar 36.5o melalui simulasi di MATLAB 2014a, dengan kriteria penilaian Integral Time Absolute Error (ITAE). Hasil menunjukkan bahwa PID-DOB dengan tuning menggunakan DE menghasilkan nilai ITAE yang kecil sekali dimana saat tidak terjadi gangguan, gangguan penurunan suhu dan gangguan sinusoidal, nilai ITAE adalah 0.0459, 0.0917, dan 0.0566. Hal ini menunjukan bahwa PID-DOB kontrol yang efektif dalam mengendalikan suhu di dalam inkubator dan mempertahankan suhu tersebut dari gangguan luar

 

Keywords

Inkubator;Metaheuritik;Suhu;Tuning PID

Full Text:

PDF

References

Lapono LAS. Sistem Pengontrolan Suhu dan Kelembapan Pada Inkubator Bayi. Jurnal Fisika Sains dan Aplikasinya. 2016;1(1):12–7.

Mittal H, Mathew L, Gupta A. Design and Development of an Infant Incubator for Controlling Multiple Parameters. International Journal of Emerging Trends in Electrical and Electronics. 2015;11(5):65–72.

Utama YAK. Perbandingan Kualitas Antar Sensor Suhu dengan Menggunakan Arduino Pro Mini. Jurnal E- NARODROID. 2016;2(2):145–50.

Utama YAK, Widianto Y, Sardjono TA, Kusuma H. Perbandingan Kualitas Antar Sensor Kelembapan Udara dengan Menggunakan Arduino Uno. Dalam Semarang; 2019.

Utami NR, Handayani IP, Iskandar RF. Kontrol Suhu dan Analisis Transfer Panas Konveksi Pada Central Processing Unit (CPU). Jurnal E-Proceeding of Engineering. 2017;4(1):726–35.

Hidayat N, Iskandar RF, Rokhmat M. Temperature Control Personal Computer Using Liquid Cooling System Based PID Control. Dalam Bandung; 2015.

Nurcahya B, Widhiada IW, Subagia IDGA. Sistem Kontrol Kestabilan Suhu pada Inkubator Bayi Berbasis dengan MATLAB/SIMULINK. Jurnal METTEK. 2016;2(1):35–42.

Juhanis J. Perancangan Simulasi Sistem Pengontrolan Suhu di Dalam Ruang Inkubator Bayi Berbasis Mikrokontroller. Jurnal Teknosains. 2020;9(2):197–204.

Utama YAK. Design of PID Disturbance Observer with Neuro Fuzzy Inverse Model for Precise Temperature Control in Infant Incubator. Dalam Yogyakarta; 2020. hlm. 179–84.

Utama YAK. Design of PID Disturbance Observer for Temperature Control on Room Heating System. Dalam Yogyakarta; 2017.

Has Z, Muslim AH, Mardiyah NA. Adaptive-Fuzzy-PID Controller Based Disturbance Observer for DC Motor Speed Control. Dalam Yogyakarta; 2017.

Utama YAK. Hidayat D.T. Desain Metode PID-Simulated Annealing Sebagai Kontrol Temperatur Pada Inkubator Bayi. Jurnal JE-UNISLA. 2020; 5(1):341-347.

Mathworks. (2012). Model A Dynamic System. Diperoleh 10 Februari 2017, dari https://www.mathworks.com/help/simulink/gs/define-system.html

Refbacks

  • There are currently no refbacks.