Penerapan Arsitektur Simbolis Pada Desain Tatanan Lahan Area Wisata Pemancingan dan Sentra Kuliner Hasil Laut di Tambak Cemandi, Sidoarjo

Satria Bagaskara, Siti Azizah, Esty Poedjioetami

Abstract

Wilayah timur kota Sidoarjo merupakan wilayah kota yang secara geografis memiliki wilayah pesisir dan pertambakan. Disini memiliki banyak jenis ragam makanan khas hasil laut yang cukup memancing pengunjung. Dengan adanya Perencanaan dan Perancangan Area Wisata Pemancingan dan Sentra Kuliner Hasil Laut di Tambak Cemandi ini di harapkan dapat menjadi tempat wisata yang berperan untuk menjaga serta budaya penghobi memancing dan pecinta kuliner masakan olahan hasil laut di Kabupaten Sidoarjo dengan tema Arsitektur Simbolis. Metode yang di gunakan dalam perencanaan ini yaitu Deskriptif. Fasilitas yang di sediakan, yaitu Fasilitas Gedung utama berupa aula, area sentra kuliner, penjualan kerajinan kekerangan, ruang pameran kerajinan kekerangan, Fasilitas Penunjang berupa lobby, area pemancingan, droping area, loading dock, ruang informasi. Fasilitas Gedung Pengelola, Fasilitas Servis, Fasilitas Parkir Kendaraan, Fasilitas Retail Cafe.Penerapan tema Arsitektur simbolis pada perencanaan ini yaitu mengimplementasikan unsur sektor wisata pemancingan dan sentra kuliner hasil laut. Dengan penerapan mikro konsep pada bentuk yang representatif, penerapan berupa permainan atap seperti gelombang air dan fasad bangunan menyerupai cangkang kerang,mikro konsep pada ruang yang fungsional berupa desain ruang sesuai aktifitas pengunjung, dan mikro konsep pada tatanan lahan yang Adaptif berupa penyesuaian terhadap aktifitas pengunjung.

Keywords

Area Wisata Pemancingan dan Sentra Kuliner Hasil Laut, Arsitektur Simbolis, Sidoarjo.

Full Text:

PDF

References

W. W. Widjajanti, “Keberadaan dan Optimasi Ruang Terbuka Hijau bagi Kehidupan Kota,” J. ITATS, hlm. 7, 2010.

Sugono, D, dkk. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Wibawa, B. A. dan K. Widiastuti. (2020). Standar Dan Implementasi Desain Universal Pada Bangunan Gedung Dan Lingkungan. Jakarta: Deepublish.

Ian Appleton.2008 Buildings for the Performing Arts. 2nd ed. – Oxford.

Depikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Jakarta.

James C Snyder. Anthony. 1989. Pengantar Arsitektur. Erlangga.

Fitriani. 2017. Pusat Rekreasi Pemancingan Di Kota Kendari. Garis Jurnal. Vol. 2 No. 2. Kendari.

Santoso, Djoko. 2019. Pemberdayaan Usaha Mikro Hasil Olahan Laut. Jurnal Masyarakat Merdeka. Vol. 2 No. 2. Universitas Semarang. Semarang.

Liechandra, Yenmy. 2016. Perancangan Interior Sentra Kuliner Khas Sulawesi Selatan Di Makasar. Jurnal Intra. Vol. 4 No. 2. Universitas Kristen Petra. Surabaya.

Utami, Purwani Puji. 2019. PKM Kelompok UMKM Kerajinan Tangan Unik Laut. Jurnal Abadimas Adi Buana. Vol. 3 No. 1. STKIP Kusuma Negara Jakarta. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.