Studi Eksperimental Settling Time Pada Getaran Pendulum Lengan Ganda Berperedam Arus Eddy Akibat Pengaruh Massa Pemberat Dan Jarak Pelat-Magnet

Nahrowi Aditya Darmawan, Ardi Noerpamoengkas, Miftahul Ulum

Abstract

Peredam arus eddy menggunakan magnet dan pelat konduktor yang saling didekatkan. Sistem getaran yang digunakan pada penelitian ini adalah pendulum dengan dua sisi lengan, sisi lengan magnet dan pemberat. Massa pemberat divariasikan 15 g, 20 g, dan 25 g. Jarak pelat-magnet divariasikan 15 mm, 20 mm, dan 25 mm. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa semakin besar massa pemberat maka semakin lama settling time pendulum akibat pengaruh inersia yang semakin besar. Sedangkan semakin dekat jarak pelat-magnet maka semakin cepat settling time akibat pengaruh arus eddy yang semakin tinggi. Semakin cepat settling time menunjukkan redaman sistem yang semakin tinggi.

Keywords

Getaran; pendulum; peredam arus eddy

Full Text:

PDF

References

S. S. Rao, Mechanical Vibrations, 5th ed. Upper Saddle River: Pearson Education, Inc, 2011.

M. Z. Q. Chen, Y. Hu, and B. Du, “Suspension performance with one damper and one inerter,” Proceedings of the 2012 24th Chinese Control and Decision Conference, CCDC 2012, pp. 3534–3539, 2012, doi: 10.1109/CCDC.2012.6244566.

B. L. J. Gysen, J. L. G. Janssen, J. J. H. Paulides, and E. A. Lomonova, “Design aspects of an active electromagnetic suspension system for automotive applications,” Conference Record - IAS Annual Meeting (IEEE Industry Applications Society), 2008, doi: 10.1109/08IAS.2008.181.

D. A. Patriawan, H. Irawan, A. Noerpamoengkas, B. Setyono, and A. Y. Ismail, “Definition, criteria and approaches in designing suspension system with active controls,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 1010, no. 1, p. 012006, Jan. 2021, doi: 10.1088/1757-899X/1010/1/012006.

B. Sapiński and S. Krupa, “Efficiency improvement in a vibration power generator for a linear MR damper: numerical study,” Smart Mater Struct, vol. 22, no. 4, p. 045011, Mar. 2013, doi: 10.1088/0964-1726/22/4/045011.

E. Diez-Jimenez, C. Alén-Cordero, R. Alcover-Sánchez, and E. Corral-Abad, “Modelling and Test of an Integrated Magnetic Spring-Eddy Current Damper for Space Applications,” Actuators 2021, Vol. 10, Page 8, vol. 10, no. 1, p. 8, Jan. 2021, doi: 10.3390/ACT10010008.

M. Farid and A. Noerpamoengkas, “Studi Eksperimental Pengaruh Panjang Lengan Massa Pemberat Dan Panjang Lengan Magnet Terhadap Respon Pendulum Lengan Ganda Dengan Peredam Arus Eddy,” in Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, Surabaya, 2022, pp. 367–372.

A. Noerpamoengkas and M. Ulum, “Studi Eksperimental Pengaruh Posisi Menyudut Pendulum-Pelat Tembaga pada Getaran Pendulum Berperedam Arus Eddy,” Semesta Teknika, vol. 25, no. 2, pp. 89–99, Nov. 2022, doi: 10.18196/ST.V25I2.13455.

D. P. Putra, N. A. Darmawan, and A. Noerpamoengkas, “Studi Eksperimental Pengaruh Tebal dan Jenis Magnet terhadap Respon Peralihan Pendulum Berperedam Arus Eddy,” Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, vol. 0, no. 0, Nov. 2022.

R. Efendi, A. Noerpamoengkas, and H. S. Maulana, “Studi Eksperimental Pengaruh Panjang Penyangga Magnet pada Getaran Batang dengan Eddy Current Tuned Mass Damper,” Jurnal Teknologi dan Manajemen, vol. 2, no. 1, pp. 1–6, Mar. 2021.

D. P. Budiarto, M. J. S. Athoillah, and A. Noerpamoengkas, “Pengaruh Jarak Magnet-Pelat Tembaga dan Grade Magnet terhadap Respon Tunak Sistem Getaran dengan DVA Berperedam Arus Eddy (Pelat Grounded dan Magnet pada Massa DVA),” Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan, 2022, doi: 10.1016/J.JSV.2012.07.020.

B. A. Pambayun, A. Noerpamoengkas, and A. Y. Ismail, “Studi Eksperimental Pengaruh Jarak Magnet-Konduktor dan Grade Magnet terhadap Respons Tunak Sistem Getaran dengan DVA-Redaman Arus Eddy (Magnet pada Massa Utama dan Konduktor pada Massa DVA),” Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, vol. 3, no. 0, pp. 5669–5684, Mar. 2023, doi: 10.1016/J.JSV.2012.07.020.

M. I. Zarkacy, F. R. M. Prakasa, and A. Noerpamoengkas, “Studi Eksperimental Respons Tunak Getaran Model Bangunan Akibat Variasi Panjang Pendulum dan Jarak Celah Pelat Tembaga pada Eddy Current Pendulum Pounding Tuned Mass Damper,” Prosiding SENASTITAN: Seminar Nasional Teknologi Industri Berkelanjutan, vol. 3, no. 0, Mar. 2023.

A. Noerpamoengkas, H. L. Guntur, and Zamrisyaf, “Modeling Flat Pendulum And Simulating Its Validation At The Pendulum-Flat Pontoon Model Sea Wave Electric Generator Application,” Jurnal IPTEK, vol. 17, no. 1, pp. 10–22, 2013.

Y. Y. Rong, “Simulation on Eddy Current Damper and Its Regenerative Behaviour in Shock Absorber for Electric Vehicle,” Universiti Tunku Abdul Rahman, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.