Implementasi Multi Enkripsi Menggunakan Algoritma Hill Cipher dan Algoritma ECB (Electronic Code Book)

Fadhil Dias Maulana, Gusti Eka Yuliastuti, Citra Nurina Prabiantissa

Abstract

Pada saat ini teknologi komputer telah berkembang sedemikian pesat mencakup semua aspek pekerjaan manusia yang memenuhi kebutuhan manusia,seperti kumpulan data dan informasi yang besar.Sehingga diperlukan prosedur keamanan untuk penyimpanan data dan informasi agar terlindung dari berbagai ancaman seperti pencurian data pada informasi instansi atau perusahaan yang penting.Kriptografi merupakan salah satu cabang ilmu yang dapat digunakan untuk mengamankan data hingga saat ini terus dikembangkan melalui berbagai algoritma. Peneliti melakukan analisis dan implementasi multi enkripsi menggunakan algoritma Hill cipher dan algoritma ECB.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengamankan data penduduk.Penulis melakukan pengujian dengan melakukan uji coba enkripsi kemudian dekripsi dan juga pengujian avalanche effect.Hasil pengujian menunjukkan pengujian enkripsi dan dekripsi bisa dilakukan dengan baik.Sedangkan untuk pengujian avalanche effect didapatkan bahwa pengujian multi enkripsi dari kombinasi algoritma hill cipher dan algoritma ECB sangat bagus untuk digunakan untuk mengenkripsi data penduduk dibandingkan masing-masing algoritma tunggal karena hasil rata-rata avalanche effect dari pengujian multi enkripsi didapatkan yaitu 53.21% yang mana itu lebih tinggi daripada rata-rata avalanche effect masing-masing algoritma tunggal yaitu algoritma hill cipher dan ECB.

Keywords

Avalanche Effect; ECB; Hill Cipher; Kriptografi; Multi enkripsi

Full Text:

PDF

References

Y. Wiharto and A. Irawan, “ENKRIPSI DATA MENGGUNAKAN ADVANCED ENCRYPTION STANDARD 256,” vol. 7, no. 2, p. 9, 2018.

A. Hermawan and E. I. H. Ujianto, “Implementasi Enkripsi Data Menggunakan Kombinasi AES dan RSA,” vol. 5, p. 6, 2021.

R. V. H. Chandra, A. Kusyanti, and M. Data, “Analisis Performa Proses Enkripsi dan Dekripsi Menggunakan Algoritme AES-128 Pada Berbagai Format File,” p. 7, 2019.

D. H. Sulaksono, C. N. Prabiantissa, G. E. Yuliastuti, and A. R. Taqwa, “Implementasi Kriptografi dengan Metode Elliptic Curve Cryptography (ECC) untuk Aplikasi Chatting Berbasis Android,” 2021.

A. H. Hasugian, “IMPLEMENTASI ALGORITMA HILL CIPHER DALAM PENYANDIAN DATA,” p. 9, 2013.

A. Mufid, “TEKNIK ENKRIPSI DAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN ALGORITHMA ELECTRONIC CODE BOOK (ECB),” 2010.

Muslih Muslih and Lekso Budi Handoko, “PENGUJIAN AVALANCHE EFFECT PADA KRIPTOGRAFI TEKS MENGGUNAKAN AUTOKEY CIPHER,” Semin. Nas. Teknol. Dan Multidisiplin Ilmu SEMNASTEKMU, vol. 2, no. 1, pp. 127–134, Dec. 2022, doi: 10.51903/semnastekmu.v2i1.162.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.