IMPLEMENTASI KOMBINASI ALGORITMA ROT13 DAN VERNAM CIPHER UNTUK KEAMANAN DATA TEKS

Rafli Abi Assyarif, Gusti Eka Yuliastuti, Citra Nurina Prabiantissa

Abstract

Keamanan data merupakan isu krusial yang sangat berpengaruh pada berbagai sektor serta setiap tingkatan dari masing-masing sektor yang bersangkutan. Enkripsi merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam melindungi data tetapi terdapat hambatan dalam hal waktu eksekusi dan penggunaan sumber daya yang signifikan, khususnya untuk metode enkripsi kuat. peneliti menggabungkan dua teknik enkripsi klasik dengan tujuan untuk mengatasi hambatan yang ada sebelumnya yaitu ROT13 dan Vernam Cipher. Teknik ini menawarkan enkripsi real-time dengan durasi eksekusi yang lebih pendek namun tetap memiliki tingkat keamanan yang tinggi sebab penggunaan dua algoritma enkripsi. Dalam metode ROT13 data diacak dengan melakukan rotasi 13 posisi alfabet dari posisi awal kemudian diproses kembali menggunakan metode Vernam Cipher yang juga dikenal sebagai cipher one-time pad yang semakin mempersulit enkripsi untuk ditembus. Pengujian metode ini ditunjukkan melalui pengujian Avalanche Effect yang menghasilkan nilai rata-rata di atas 60% sehingga mengindikasikan bahwa tingkat keamanan yang diberikan cukup kuat meskipun dengan waktu eksekusi yang relatif singkat. Implementasi gabungan metode enkripsi ini telah diaplikasikan pada database MySQL yang berisi data penduduk dan terbukti berfungsi secara efisien.

Keywords

enkripsi, ROT13, Verman Cipher

Full Text:

PDF

References

A. H. Erik Iman Heri Ujianto, “Implementasi Enkripsi Data Menggunakan Kombinasi AES Dan RSA,” InfoTekJar J. Nas. Inform. Dan Teknol. Jar., vol. 5, Mar. 2021, doi: https://doi.org/10.30743/infotekjar.v5i2.3585.

permana Angga Aditya, “Penerapan Kriptografi Pada Teks Pesan dengan Menggunakan Metode Vigenere Cipher Berbasis Android,” LP2M Lemb. Penelit. Dan Pengemb. Masy., vol. 4, Mar. 2018, doi: http://dx.doi.org/10.36722/sst.v4i3.280.

C. N. P. Gusti E Yuliastuti, “Implementasi Kriptografi dengan Metode Elliptic Curve Cryptography (ECC) untuk Aplikasi Chatting Berbasis Android,” Pros. Semin. Nas. Sains Dan Teknol. Terap., vol. 9, no. 1, pp. 570–576.

H. Hendrik, “Kombinasi Algoritma Huffman dan Algoritma ROT 13 Dalam Pengamanan File Docx,” J. Inf. Syst. Res. JOSH, vol. 2 NO 1, OKTOBER 2020.

Z. Shabrizqi, “Penerapan Algoritma Vegenere Cipher Dan Vernam Cipher Dalam Penggamanan File Text,” JURIKOM J. Ris. Komput., vol. Vol 6, 2019, doi: http://dx.doi.org/10.30865/jurikom.v6i3.1345.

N. S. Dewi Kusumaningsih, “ADVANCED ENCRYPTION STANDARD UNTUK KEAMANAN BASIS DATA DI KANTOR KECAMATAN KARANG TENGAH,” SKANIKA, vol. 1, Jul. 2018.

M. Z. Z. M. ZAINUDIN ZUHRI, “IMPLEMENTASI ALGORITMA ROT13 DAN ELGAMAL UNTUK ENKRIPSI DAN DEKRIPSI PESAN RAHASIA,” Simki-Techsain, Aug. 2018.

F. S. Gading Nur Salmi, “Implementation of the data encryption using caesar cipher and vernam cipher methods based on CrypTool2,” J. Soft Comput. Explor., no. Vol. 3 No. 2 (2022): September 2022, Sep. 2022, doi: https://doi.org/10.52465/joscex.v3i2.86.

Muslih, “PENGUJIAN AVALANCHE EFFECT PADA KRIPTOGRAFI TEKS MENGGUNAKAN AUTOKEY CIPHER,” STEKOM, vol. 2 No 1 2022, 2022.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.