Penerapan Arsitektur Adaptif pada Bangunan Pusat Budidaya Bandeng dan Udang di Sidoarjo

Lucky Aziz Firstianto, Sigit Hadi Laksono, Ika Ratniarsih

Abstract

Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur dengan potensi perekonomian di bidang industri, perikanan, dan jasa. Perlunya penanganan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi sebagai upaya peningkatan kembali produksi perikanan. Metodologi yang digunakan adalah metodologi deskriptif dan kualitatif, yang mana metodologi ini memudahkan dalam pengumpulan data dan pemikiran untuk memecahkan sebuah permasalahan yang sedang dihadapi. Lokasi lahan yang dipilih untuk proyek Perencanaan dan Perancangan Pusat Budidaya Bandeng dan Udang berada di Jalan Lingkar Timur, Desa Gebang, Sidoarjo. Pusat Budidaya memiliki fasilitas utama seperti laboratorium penelitian, workshop, pengolahan bandeng, pengolahan udang dan fasilitas penunjang seperti koperasi, kantin, mushallah, toilet, area parkir. Penerapan tema Green Architecture pada bentuk menggunakan material ramah lingkungan. Penerapan konsep makro sustainable pada bentuk menggunakan material fasad bangunan yang merespon iklim. Konsep mikro pada bentuk Responsive digunakan untuk fasad bangunan bermaterial ramah lingkungan (bambu). Proyek ini dapat membantu petani perikanan sekitar membuat hasil panen memiliki nilai lebih, agar bisa masuk ke pasar ekspor sebagai pengembangan perekonomian dengan program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

Keywords

Adaptif, Bandeng, Budidaya, Sidoarjo, Udang

Full Text:

PDF

References

I. J. Shofihara, “Begini Cara Kementerian KP Kembangkan SDM Kelautan dan Perikanan,” Kompas.com, May 13, 2022. https://nasional.kompas.com/read/2022/05/13/18162081/begini-cara-kementerian-kp-kembangkan-sdm-kelautan-dan-perikanan (accessed Mar. 26, 2023).

KKP, “Statistik Kementrian Kelautan dan Perikanan,” Renstra DJPB ,Kementerian Kelaut. dan Perikan., no. 272, pp. 2–3, 2020, [Online]. Available: https://statistik.kkp.go.id/home.php.

R. Berliana, D. Andriyanto, B. Joko, W. Utomo, and D. Budi, “Pusat Perikanan Kota Batu Tema: Green Architecture,” J. Pengilon, vol. 4, no. 2, pp. 69–80, 2020.

S. Hadi Laksono, “Analisis Penataan Ruang Hunian Sewa Berdasarkan Konsep Desain Yang Adaptif: Studi Kasus Homestay Labuan Bajo,” ALUR J. Arsit., vol. 5, no. 2, pp. 101–111, 2022, doi: 10.54367/alur.v5i2.2038.

C. S. Permana, A. Y. Permana, and N. I. K. Dewi, “Penerapan Konsep Green Architecture dalam Perancangan Hotel Resort di Kabupaten Tasikmalaya,” UNDAGI J. Ilm. Arsit. Univ. Warmadewa, vol. 8, no. 2, pp. 82–94, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/undagi/index.

A. Nadhif and Y. Arifin, “Perencanaan Terminal Tipe a Kabupaten Demak Dengan Pendekatan Green Architecture,” J. Econ. Bus. Eng., vol. 3, no. 2, pp. 274–281, 2022, doi: 10.32500/jebe.v3i2.2641.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.