Peramalan Permintaan Produk Travel Pouch Pada CV. Sunflower Menggunakan Metode Single Moving Average

Mega Agustina Puspitasari, Rachman Arief

Abstract

CV. Sunflower merupakan perusahaan yang ada di Bandung Indonesia, perusahaan ini membuka beberapa cabang salah satunya di Metro Ciputra World Surabaya yang membuat dan menjual berbagai macam kebutuhan outdoor seperti travel pouch, backpack, jacket, t-shirt, dan masih banyak lagi. Untuk menentukan perencaan persediaan produk-produk tersebut, CV.Sunflower saat ini masih menggunakan cara konvensional dalam memperkirakan stok yang harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ada di Metro Ciputra World Surabaya. Kondisi ini dapat menyebabkan kerugian jika tingkat kebutuhan produk sedang naik, akan tetapi persediaan barangnya tidak ada, sehingga perusahaan akan kehilangan konsumen. Maka dari itu, perlu adanya sebuah sistem peramalan untuk membantu perusahaan dalam menentukan prediksi jumlah persediaan barang yang harus disediakan untuk periode berikutnya. Dalam menentukan peramalan permintaan menggunakan metode single moving average yang dibuat dalam bentuk aplikasi berbasis web dapat disimpulkan bahwa peramalan permintaan produk travel pouch pada CV.Sunflower menggunakan metode single moving average mampu memperkirakan beberapa kebutuhan pada periode ke depannya dengan mempertimbangkan tingkat akurasi error MAD yang ada. Berdasarkan data pada bulan Januari hingga Desember 2021 dan menggunakan metode Single Moving Average dengan periode Moving Average 3 bulan yang memiliki hasil MAD terkecil yaitu 12,6 dan mendapatkan hasil peramalan periode berikutnya yaitu 20,7. Dan dari hasil pengujian dengan 3 periode yang berbeda, dapat disimpulkan bahwa banyaknya periode tidak mempengaruhi hasil MAD.

Keywords

Single Moving Average, MAD, Permintaan Produk, Travel Pouch, Sistem Peramalan

Full Text:

PDF

References

I. D. M. Widia, Strategi Memenangi Kompetisi Bisnis Telekomunikasi Seluler Ditinjau Dari Sisi Pemasaran Dan Jaringan, vol. Vol 12, p. 16, 2014.

E. R. Dewi Rosa Indah, Sistem Forecasting Perencanaan Produksi dengan Metode Single Eksponential Smoothing pada Keripik Singkong Srikandi Di Kota Langsa, vol. 2, p. 11, 2018.

C. Halim, Rancangan Sistem Kontrol Manajemen Persediaan Toko Bintang Terang, vol. 18, p. 44, 2022.

H. Felix Sutisna, Analisis Perbandingan Tingkat Kesalahan Metode Peramalan Sebagai Upaya Perencanaan Pengelolaan Persediaan Yang Optimal Pada PT Duta Indah Sejahtera, vol. 8, p. 36, 2019.

D. K. Sofyan, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2015.

F. Hermawan, S. D. Stephani dan Y. D. Hapsari, Analisa peramalan penjualan produk retailer pada pt.abc menggunakan laporan penjualan 2018 dan 2019, vol. 13, p. 48, 2021.

S. S. C. C. William J, Manajemen Operasi Perspektif 110, 11 penyunt., Asia: Diana Angelica, David Wijaya, Hirson Kurnia, 2014.

J. H. &. B. Render, Manajemen Operasi Edisi Ke-11, Jakarta: Salemba Empat, 2015.

R. Abdullah, 7 In Pemograman Web Untuk Pemula, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.