SISTEM AKURASI KONTROL SEBAGAI IMPLEMENTASI STRATEGI ZERO MARGIN PADA PEMBANGUNAN KAPAL LST (LANDING SHIP TANK) DI PT. DAYA RADAR UTAMA UNIT III LAMPUNG

Dimas Prasetya, Ali Azhar

Abstract


Perkembangan teknologi pembangunan kapal sudah didukung oleh peningkatan kualitas dan juga fasilitas yang memadai untuk melakukan proses produksi. Namun sebagian besar galangan di Indonesia mengunakan cara yang sederhana untuk melakukan proses produksi. Cara ini dikenal dengan strategi non-zero margin (metode dengan memberikan marginal pada setiap proses produksi, dari gambar kerja hingga proses erection pada kapal). Hal ini sangat merugikan dan menimbulkan berbagai permasalahan yang terbagi dari segi management dan juga dalam segi produksi. Permasalahan dari segi management yaitu mengenai JO, biaya (over budget), Re-schedule. Sedangkan permasalahan pada produksi yaitu seperti misalignment (ketidaklurusan), deformasi kompleks, waste matrial. Oleh karena ini, PT. DRU Unit III Lampung berinovasi untuk meminimalisir permasalahan dan kerugian yang ada dengan menerapkan strategi baru yang dinamakan zero margin”. Strategi ini menerapkan sistem non marginal (tanpa mengunakan margin pada setiap proses) dengan memaksimalkan kinerja dari sistem akurasi kontrol yang berlaku dan sistem management yang lebih terarah. Maka analisis perlu dilakukan pada setiap bagian termasuk fase krusial yang menyebabkan munculnya permasalahan dari proses awal hingga erection pada kapal. Metode analisis observatif dan diterapkan pada proses produksi dan juga menentukan sistem akurasi kontrol yang tepat untuk mendukung program zero margin ini. Pelaksanaan strategi zero margin dengan sistem akurasi kontrol dapat meghasilkan nilai efektifitas dan efisiensi dalam pelaksanaan proses produksi yaitu dapat menghemat biaya produksi, mempercepat target pengerjaan, dan meminimalisir berbagai kesalahan di lapangan.

Keywords


zero margin; sistem akurasi konrol; fase krusial

Full Text:

PDF

References


Chrismianto, Deddy. 2006. Pengembangan Sistem Penunjang Keputusan Berbasis Komputer Untuk Peningkatan Efektivitas Sstem Akurasi Dimensi Pada Proses Pembuata Badan Kapal. Universitas Diponegoro. Semarang.

Adjie, Haryo. 2015. Landing Ship Tank Turntable Landing Ship Tank. [Online] available: https://www.indomiliter.com/turntable-landing-ship-tank-meja-putar-ranpur-berkapasitas-puluhan-ton/

Pratama A., Yolanda et all . 2018. Interview of “Accuracy control system and management and also Departement review” at his office.(PT.DRU Unit III Lampung 25 Mei 2018)

Rahman, Abdul. 2018. Interview of “Design and calculation with accuracy control system” at his office. (PT. DRU Unit III Lampung, 24 Mei 2018).

Chirillo,L, 1992. Process Analysis via Accuracy Control, The National Shipbuilding Reaserch Program (NSRP), U.S. Departement of Transportation.

Noor J. 2011. Metodologi penelitian, Jakarta, Kencana.Nugroho, Riant, 2012, Public Policy, Jakarta, Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.