SISTEM OTOMATIS RUMAH POMPA DENGAN MENGGUNAKAN PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER (PLC)

Fifin Ernawati, Weny Indah Kusumawati, Pauladie Susanto

Abstract


Rumah Pompa sudah menerapkan otomasi dengan menggunakan Programmable Logic Controller sebagai alat untuk mengontrol perangkat-perangkat yang ada, akan tetapi Rumah Pompa masih belum terintegrasi secara otomatis dalam pengaktifan perangkat seperti pompa air. Di sisi lain, rumah pompa sendiri masih sangat bergantung pada operator dalam hal melihat ketinggian air sungai. Berdasarkan permasalahan di atas, penulis membuat Prototype dari Rumah Pompa sebenarnya dengan mengaplikasikan pengukuran ketinggian air dan pengaktifan pompa air secara otomatis. Prototype ini menggunakan PLC OMRON CJ2M sebagai pengontrol serta memonitoring perangkat-perangkat yang terhubung seperti tombol, Rotary Encoder, pompa air, Solenoid valve. Pengukuran ketinggian air menggunakan Rotary Encoder dan nantinya nilai dari rotary akan di olah untuk menghidupkan pompa air secara otomatis. Prototype akan bekerja saat ketinggian air melebihi batas normal yaitu ketinggian air di atas 23 cm dengan nilai pulse yang dihasilkan kurang dari 48162. Terdapat beberapa batas ketinggian air yang mempengaruhi banyaknya pompa air yang aktif. Pengimplementasian pintu air menggunakan Solenoid Valve yang akan aktif jika terdapat penekanan tombol dari masing-masing pintu air.

Keywords


Pompa Air; Programmable Logic Controller; Rotary Encoder; Rumah Pompa; Solenoid Vave

Full Text:

PDF

References


Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya, Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah Tahun 2016, Kota Surabaya, 2016.

OMRON, SYSMAC CJ Series CJ2M-CPU3 + CJ2M-CPU3 (Pulse I/O Module) CJ2M CPU Unit Pulse I/O Module User’s Manual, 2017.

M. A. Fahmi, TEMPERATURE CONTROL TRAINER PADA PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER OMRON CJ2H, Surabaya, 2016.

Omron, "Omron Industrial Automation," Desember 2012. [Online]. Available: http://www.omron-ap.com/products/family/2712/.

Omron, "Omron Rotary Encoder E6B2-C," [Online]. Available: http://www.omron-pro.ru/doc/sensor/encoder/e6b2.PDF.

A. Samsudin and Karwono, DASAR POMPA, Semarang, 2008.

T. M. P. Dyka, Pengendalian PH dan EC pada Larutan Nutrisi Hidroponik Tomat Ceri, Surabaya, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.