TRANSFORMASI BENTUK ARSITEKTUR RUMAH ADAT BUGIS DI JALAN USMAN SADAR III/36, GRESIK

Firdha Ayu Atika

Abstract


Setiap budaya memiliki ciri khas rumah adatnya masing-masing, begitu pula dengan Rumah Adat Bugis. Ketika merancang Rumah Adat Bugis, diperlukan proses yang erat kaitannya dengan budaya masyarakat. Suku Bugis dikenal sebagai suku yang suka merantau dan mampu beradaptasi dengan adat istiadat di lingkungan perantauannya tanpa kehilangan budaya sendiri. Teknologi Arsitektur Tradisional mengalami perkembangan dan perubahan, jika dikaitkan dengan norma dan budaya. Seperti halnya pada Rumah milik keturunan Suku Bugis di Jalan Usman Sadar III/36, Gresik, yang menjadi studi kasus penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi bentuk arsitektur pada studi kasus yang masih mempertahankan prinsip-prinsip Rumah Adat Bugis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa pemilik rumah banyak melakukan transformasi bentuk arsitektur Rumah Adat Bugis di lingkungan perantauannya. Prinsip-prinsip Rumah Adat Bugis tidak semua diterapkan pada studi kasus. Rumah tersebut banyak melakukan penyesuaian dengan kondisi lingkungan sekitar, kebutuhan dan keinginan pemiliknya.

Keywords


Rumah Adat Bugis; Transformasi Bentuk; Bentuk Arsitektur; Arsitektur Indonesia

Full Text:

PDF

References


Anwar, Idwar. 2007. Ensiklopedi Kebudayaan Luwu. Makassar : Pustaka Sawerigading.

Rapoport, Amos. 1969. House, Form and Culture. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice Hall.

Pelras, Christian. 2006. Manusia Bugis. Jakarta: Nalar Press bekerja sama dengan Forum Jakarta-Paris, EFEO.

Robinson, Kathryn. 2005. “Tradisi Membangun Rumah di Sulawesi Selatan” dalam. Kathryn Robinson dan Mukhlis Paeni. Tapak-Tapak Waktu: Kebudayaan, Sejarah, dan Kehidupan Sosial di Sulawesi Selatan. Makassar: Ininnawa.

Jumran, 2010. Jurnal “Perubahan Bentuk Hunian Suku Bajo Akibat Pengaruh Interaksi Dengan Suku Bugis Di Kabupaten Bone.”, Surabaya, ITS.

Nurhuzna, Artiza dkk, 2012. Transformasi Fungsi Dan Bentuk Arsitektur Bugis-Makassar Di Pesisir Pantai Buti Merauke, Makassar, Unhas.

Suroto, Widi, 2009. Perubahan Bentuk Dan Fungsi Arsitektur Tradisional Bugis Di Kawasan Pesisir Kamal Muara, Jakarta Utara, Solo, UNS.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.