ANALISIS BEBAN PENDINGINAN DAN OTTV PADA BANGUNAN GEDUNG RUMAH SAKIT CEMPAKA PUTIH PERMATA SURABAYA

Moch. Denis Arifin P. P., Arrad Ghani Safitra, Hendrik Elvian G. P.

Abstract


Konservasi energi didefinisikan sebagai penggunaan energi, sumber energi dan sumber daya energi secara efisien dan rasional tanpa mengurangi penggunaan energi yang memang benar-benar diperlukan. Konservasi dilakukan pada salah satu rumah sakit di Surabaya yaitu Rumah Sakit Cempaka Putih, Kebon Agung, Surabaya. Konservasi energi difokuskan pada sistem tata udara dengan metode menghitung Cooling Load Temperature Difference (CLTD) dan Overall Thermal Transfer Value (OTTV) untuk mengetahui peluang penghematan energi. OTTV memiliki standar nilai yaitu ? 45 watt/m2yang ditentukan oleh SNI 03-6389-2000 sedangkan perhitungan beban pendinginan akan dibandingkan dengan kapasitas AC yang terpasang. Hasil perhitungan beban pendinginan dengan asumsi okupansi setiap ruangan maksimum maka gedung RSIA Cemapaka Putih Permata termasuk tidak terjadi pemborosan ketika dibandingkan dengan kapasitas AC yang terpasang namun dari sisi kenyamanan dapat dikatakan kurang memenuhi kebutuhan. Hasil perhitungan OTTV gedung RSIA Cemapaka Putih Permata dengan nilai OTTV sebesar 31,47 Watt/m2 termasuk bangunan hemat energi. Penerapan yang dapat diterapkan berdasarkan analisa di atas yaitu penambahan kapasitas AC supaya tercapainya kenyamanan yang dibutuhkan dan selanjutnya dikuiti penerapan penggantian pendingin dengan MC-22 guna untuk menekan konsumsi daya listrik sebesar 20%.

Keywords


Beban Pendinginan; Konservasi; OTTV; Penghematan; RSIA Cemapaka Putih Permata

Full Text:

PDF

References


S. Loekita, “ANALISIS KONSERVASI ENERGI MELALUI SELUBUNG BANGUNAN,” vol. 8, no. 2, p. 6, 2006.

H. Prasetio, “KONSERVASI ENERGI LISTRIK PADA INDUSTRI OTOMOTIF,” p. 96, 2008.

T. R. Adiprama and U. Ciptomulyono, “Audit Energi dengan Pendekatan Metode MCDM-PROMETHEE untuk Konservasi serta Efisiensi Listrik di Rumah Sakit Haji Surabaya,” vol. 1, p. 6, 2012.

A. B. K. Putra, et al, “Konservasi Energi Sektor Bangunan di Lingkungan Kampus ITS Surabaya sebagai Salah Satu Pengurangan Emisi Karbon dalam Program ECO Campus,” 2014.

E. G. Pita, Air Conditioning Principles and Systems, Fourth. Environmental Control Technology New York City Technical Collage The City University of New York.

T. A. Dimas and D. Fitria, “Perbandingan Perhitungan OTTV dan ETTV Gedung Komersial - Kantor,” p. 6.

SNI 03-6389-2000.

T. Sukisno, N. Yuniarti, and Sunyoto, “TINGKAT INTENSITAS KONSUMSI ENERGI LISTRIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO FT UNY: SEBUAH UPAYA MENUJU ISO 50001.” 2014.

Widyastuti, et al, “Improved Energy Saving for R22 Building Air Conditioning Retrofitted with Hydrocarbon Refrigerant, Study Case : Civil Engineering Department of ITS,” 2014.

S. J. Santoso, “ANALISA PERBANDINGAN KONSUMSI LISTRIK PADA AC SPLIT BERBAHAN PENDINGIN R-22 DENGAN AC SPLIT BERBAHAN PENDINGIN MC-22,” p. 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.