RANCANG BANGUN FIREFIGHTERS BOAT SEBAGAI SARANA PEMADAM DI BANTARAN SUNGAI CILIWUNG DI D.K.I. JAKARTA

Mochammad Nizar Hilmy, Agus Sutoto

Abstract


Kota Jakarta merupakan kota yang sangat padat penduduknya dan kebanyakan orang membangun perumahan dibantaran sungai sebagai tempat tinggal mereka. Banyak para penduduk ataupun pendatang yang membangun tempat tinggal mereka di bantaran sungai terutama sungai Ciliwung yang membentang memisahkan D.K.I Jakarta.Dari keadaan kota Jakarta yang sangat banyak penduduknya di bantaran sungai sehingga akses jalan untuk menuju rumah-rumah yang ada dibantaran sungaipun sangat sempit seperti gang ataupun jalan yang hanya cukup untuk pejalan kaki dan sepeda motor saja. dengan kepadatan penduduk bantaran yang sangat padat tersebut rawan terjadi kebakaran. Kebanyakan bangunan yang dibangun di area bantaran sungai terbuat dari bahan bahan yang mudah terbakar seperti kayu triplex sebagai ciri khas bangunan semi permanen. Ironisnya mobil pemadam kebakaran kesulitan menuju area kebakaran dikarenakan sempitnya akses jalan menuju perumahan di bantaran. Sebagai alternatif untuk penanggulangan kebakaran telah dirancang river fighterboat yang dibuat berdasarkan kapal pembanding JRBB 5522 fireboat SAR dan disesuaikan  kondisi perariran sungai ciliwung. Kapal dibuat dari bahan fiberglass sistim laminasi dengan ukuran utama adalah: panjang L 3.5 meter . lebar B 1.9 meter . sarat air T 0.4 meter . tinggi H 0.6 meter . kecepatan VS 5 knots. Kapal tersebut dilengkapi mesin penggerak berupa pompa sentrifugal 6.7 KW dengan kapasitas 60 m3/jam dan jarak semburan 55m.kapal dirancang beroperasi selama 8 jam sekaligus berfungsi sebagai penyemprot air untuk pemadam kebakaran dengan sistim buka tutup valve.

Keywords


Kapal pemadam kebakaran; Pembangunan Kapal Baru; Kapal Fiber

Full Text:

PDF

References


Ulfa. Nurhayati. Arifin. 2017 “KAJIAN SOSIAL-BUDAYA MASYARAKAT PADA LANSKAP RIPARIAN SUNGAI CILIWUNG“ Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian IPB.

Jurnal Rekayasa Mesin Vol.1, No. 2 Tahun 2010Femiana Gapsari, Putu Hadi Setyarini Teknik Mesin, Universitas Brawijaya

Harini. 2016 “ perencanaan external fire fighting untuk pemadam kebakaran “ . fakultas teknik . program study teknik mesin . universitas 17 agustus 1945 Jakarta

Heru Ruhendi, “ konservasi DAS Ciliwung “. 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.