PENGARUH PEMBERIAN UANG MAKAN TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA DI PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN NATURA RESIDENCES SURABAYA

Feri Harianto, Mohamad Ferdaus Noor Aulady, Eko Mardi Setyo

Abstract


Pengembang dalam menyediakan perumahan untuk masyarakat diperlukan kontraktor yang mempunyai tenaga kerja dengan tingkat produktivitas tinggi agar terhindar dari keterlambatan serta hasil yang didapat sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakatinya. Untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja di proyek tersebut maka kontraktor harus mempunyai strategi, salah satunya adalah dengan pemberian uang makan kepada tenaga kerja. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui pengaruh pemberian uang makan terhadap produktivitas tenaga kerja pada pelaksanaan proyek perumahan Natura Residences Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuasi ulang non random dengan pengambilan data melalui kuesioner, dengan sampelnya adalah tukang dan buruh bangunan yang berjumlah 15 orang.Perlakuan yang digunakan adalah pemberian uang makan sebesar Rp 10.000 per-orang. Analisis yang digunakan adalah uji perbandingan rerata tidak berpasangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian uang makan kepada tukang dan buruh bangunan dapat meningkatkan produktivitas secara signifikan ( t hitung = 3,541 > t tabel = 2,048 ). Hal ini menunjukkan bahwa pemberian uang makan kepada tenaga kerja di proyek konstruksi merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam meningkatkan produktivitas tenaga kerja.

Keywords


Uang makan; produktivitas; perumahan; proyek konstruksi

Full Text:

PDF

References


Asiyanto, Manajemen Produktivitas Untuk Jasa Konstruksi; Jakarta : PT. Pratnya Paramita, 2005.

Soeharto, Iman, Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional; Jakarta : Erlangga, 1997.

Dwi Tanto et.al, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Pekerja Pada Pengerjaan Atap Baja Ringan Di Perumahan Green Hills Malang, Jurnal Rekayasa Sipil, Volume 6, No1, 2012.

Abdel, Ibrahim et.al, Designing a Model for Mearsuring and Evaluating Crew Productivity for The Construction of Steel Structure Projects, Global Journal For Research Analysis,Volume 4, Issue 4, 2015.

Kaming PF et.al, Factor Influencing Craftsmen’s Productivity in Indonesia, International Journal of Project Management, Vol 14, No 3, 1996.

Tarwaka et.al, Ergonomi Untuk Kesehatan, Keselamatan Kerja dan Produktivitas, Uniba press, Surakarta, 2004.

Riadi, Edi, Metode Statistika Parametrik dan Non parametrik. Tanggerang : Pustaka Mandiri, 2015.

Hasibuan, Malayu S.P, Organisasi dan Motivasi dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta : Bumi Aksara, 1996.

Syafi'i, Mochamad, 2012. Pengaruh Motivasi Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada UD. ANAK AGUNG SEDAYU Gresik. Gresik: Gema Ekonomi, 2012.

Wartono, Sis, Pengaruh Kompensasi, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Dua Putra Utama Makmur Di Kabupaten Pati. Skripsi, Semarang : Universitas Dian Nuswantoro Semarang, 2015.

Siswanto, H. B, Pengantar Manajemen. Bandung: Bumi Aksara, 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.