STUDI PERENCANAAN STANDAR BIAYA REPLATING PADA PEKERJAAN REPARASI KAPAL MENGGUNAKAN VARIABEL COSTING METHOD DI PT. DOK DAN PERKAPALAN SURABAYA (PERSERO)

Jati Ifah Janah, Minto Basuki, Soejitno Soejitno

Abstract


Seiring lamanya kapal beroperasi tentunya akan kehilangan sebagian atau mutu awalnya dari material yang dipergunakan baik untuk baja kapal, sistem permesinan maupun pada peralatan dan perbaikan kapal. Salah satu jenis kerusakan yang terjadi  pada pelat baja badan kapal yang menyebabkan perlu dilakukannya pemeliharaan (maintenance) maupun perbaikan kapal (repair). Jenis-jenis kerusakan pada plat badan kapal antara lain, korosi, deformasi, penyok akibat tabrakan. Dalam skripsi ini akan dilakukan hubungan antara biaya reparasi pekerjaan replating sesuai ketebalan plat, bentuk kelengkungan dan lokasi pekerjaan menggunakan bentuk kelengkungan dan lokasi pekerjaan menggunakan metode Variable Costing Methode. Variable Costing Methode adalah metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi dengan melihat pada variabel tertentu saja . Hasil dari skripsi ini diharapkan dapat memberikan jawaban tentang hubungan biaya reparasi pekerjaan replating sesuai ketebalan plat, bentuk kelengkungan dan lokasi.

Keywords


sistem; maintenance; repair; Variable Costing Methode

Full Text:

PDF

References


Patarianto, Pierre. 2012. Lartik Penggunaan Analisa Biaya Variabel Dalam Pengambilan Keputusan Produksi Pada PT. PTJ Kantor Wilayah Sidoarjo, Fakultas Ekonomi, Akutansi STIE Mahardika, Surabaya.

Sasongko, Broto, Mei 1991, Analisa Biaya Industri Perkapalan & Galangan Kapal, Surabaya.

Soejitno, 2002, Diktat Institut Teknik Sepuluh November Teknik Reparasi Kapal, Surabaya.

Thoha, Syaifudin. 2013. Skripsi Teknik Bangunan Kapal, PPNS respository, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.