ANALISA KINERJA MOTOR INDUKSI 3 FASA PADA POMPA SENTRIFUGAL DI FAVEHOTEL RUNGKUT SURABAYA

Moch Sayid Irfan Abdillah, Efrita Arfah Zuliari

Abstract


Motor induksi tiga fasa merupakan mesin listrik yang merubah energi listrik menjadi energi gerak. Pemanfaatan energi gerak ini yang kemudian banyak digunakan oleh beberapa perusahaan perhotelan untuk mempermudah proses pendistribusian air. Favehotel Rungkut Surabaya memiliki dua buah motor listrik yang masing – masing memiliki kapasitas daya 22 kW sebagai mesin penggerak pompa sentrifugal. Setiap motor memiliki kinerja yang berbeda. Motor induksi yang baik adalah yang  memiliki nilai efisiensi lebih dari 80%. Untuk mengetahui karakteristik motor induksi yang digunakan pada motor induksi tiga fasa sebagai penggerak pompa sentrifugal di Favehotel Rungkut Surabaya dilakukan analisa mengenai efisiensi motor induksi dengan menggunakan metode pengukuran secara langsung. Dari hasil analisa pengukuran dan perhitungan diperoleh nilai efisiensi motor sebesar 91,25 % pada motor 1 dan untuk motor 2 sebesar 93,21 %. Sehingga kedua motor induksi yang digunakan masih dalam kondisi yang baik. Karakteristik menunjukkan bahwa semakin besar kecepatan putar dan daya masuk maka torsi yang dihasilkan akan semakin besar. Pada motor 1 daya masuk, daya keluaran dan torsi yang dihasilkan pada beban minimum adalah 5,79 kW, 5,19 kW, dan 18,61 N•m. Pada beban setengah adalah:  6,76 kW, 6,16 kW, 7,99 N•m. Dan pada beban maksimum didapat hasil sebagai berikut : 8,59 kW, 7,99 kW, 25,82 N•m. Pada motor 2 daya masuk, daya keluaran dan torsi yang dihasilkan beban minimum didapat: 6,17 kW, 5,67 kW, 20,60 N•m. Pada beban setengah adalah 7,36 kW, 6,86 kW, 23,79 N•m. Dan untuk beban maksimum adalah: 9,23 kW, 8,73 kW, 28,27 N•m.

Keywords


Motor Induksi; Pompa Sentrifugal; Efisiensi

Full Text:

PDF

References


Apriyansyah. 2016. Analisa Efisiensi Motor Induksi Tiga Fasa Pada Pompa Sirkulasi Pendingin Generator Di PT. Pupuk Sriwidjaja Palembang. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Arfandi, Yusri Aditama. 2016. Analisa Pemakaian daya Motor Induksi 3 Fasa 180 KW (Rotor Sangkar Tupai) Sebagai Penggerak Pompa di PDAM Tirta Musi Palembang. Palembang: Politeknik Negeri Sriwijaya.

Majid, Nur Cholis. 2017. Analisa Karakteristik Motor Induksi 37 KW Pada Lini Formulasi Powder Plant PT. BCS Surabaya. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Maulana, Abib. 2017. Analisa Kinerja Motor Pompa 3 Phasa Pada Bak Penampung Air Di Supermall Pakuwon Indah. Surabaya: Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya.

Mesi, Alma Putra. 2016. Efisiensi Perbandingan Daya Motor Induksi 3? ABB 20103 Dengan Motor Induksi 3? Siemen 5A1J01 Penggerak Belt Conveyor Indarung IV Dan V PT Semen Padang. Padang: Politeknik Negeri Padang.

Nazir, Refdinal. 2017. Teori & Aplikasi Motor Dan Generator Induksi. Bandung: Penerbit ITB.

Pakpahan, Afrisanto. 2016. Analisis Tegangan Tidak Seimbang Terhadap Unjuk Kerjamotor Induksi 3 Fasa Pada Berbagai Metode Starting. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Standard Motor Catalogue. 2014. Netherlands: TECO.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.