MENGUKUR TINGAKAT IMAGE ENHANCEMENT METODE BILINER INTERPOLATION PADA CITRA ZOOM MENGGUNAKAN EKSTRASI TEKSTUR BERBASIS HISTOGRAM

Hendro Nugroho, Maftahatul Hakimah, Azmuri Wahyu Azinar

Abstract

Penenggunaan kamera webcam yang sering digunakan oleh user dalam pengambilan foto berupa foto maupun video untuk publikasi media. Akan tetapi kamera webcam yang memiliki desain yang sangat standar sehingga hasil didapat tidaklah bagus. Untuk memperbaiki kualitas citra (Image Enhancement) diperlukan metode Interpolation Bilinear dalam hal penelitian ini yang diambil adalah citra pada kamera webcam yang dimana citra tersebut mengalami proses zooming. Citra yang mengalami proses zooming dengan skala 2 dilakukan proses image enhancement untuk menghilangkan efek bergerigi pada citra yang dizoom. Proses Image Enhancement antara lain 1)cropping, 2)zoom, 3)Bilinear Interpolation, 4) histogram ekualisasi. Untuk mengetahui tingakat keberhasilan image enhancement dilakukan proses evaluasi yang menggunakan metode ekstraksi tekstur basis histogram dengan menggunakan fitur rata-rata intensitas. Dalam hal ini hasil yang didapat dalam proses image enhancement dihasilkan sebaran intensitas citra pada saat di zoom ataupun sebelum di zoom memiliki nilai yang sama.

Keywords

Image Enhancement; Bilinear Interpolation; zoom; Ekstraksi tekstur Histogram fitur rata-rata intensitas

Full Text:

PDF

References

M. P. T. G. Ranjeet Roy, "Zooming Digital Image Using Interpolation Techniques.," International Journal of Application or Inovation in Engineering and Management (IJAIEM), vol. 3, no. 4, April 2013.

H. Nugroho, "Image Enhancement pada Screen Capture CCTV dengan Menggunakan Metode Histogram Ekualisasi," KINETIK, vol. 2, no. 2, pp. 99-106, Mei 2017.

P. K. M. Vaishali Patel, "A Review on Different Image Interpolation Techniques for Image Enhancementt," International Journal of Emerging Technology and Advanced Engineering(IJETAE), vol. 3, no. 12, December 2013.

D. F. Maulana, "Analisis dan Implementasi Penggunaan Metode Interpolasi Nearest Neighbor dan Interpolasi Bilinear (Studi kasus Aplikasi Viewer Berbasis Android)," Naskah Publikasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIKOM Yogyakarta, 2013.

S. S. Ritu Dhinga, "Comparison of various Interpolation Based Zooming Techniques," International Journal of Advanced Research ini Computer Science and Software Engineering, vol. 3, no. 6, June 2013.

S. A. Abdul Kadir, Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra, Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2013.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.