SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN JUMLAH PRODUKSI TAHU MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Nurmuslimah S.Nurmuslimah, Herman Sriwijaya

Abstract


Tahu merupakan salah satu bahan makanan pokok di negeri ini, yang termasuk dalam makanan 4 (empat) sehat 5 (lima) sempurna.Kandungan gizi dalam tahu memang masih kalah dibandingkan lauk pauk hewani, seperti telur, daging dan ikan.Namun belakangan ini sempat marak berita tentang formalin yang sering ditemukan pada produk tahu segar sebagai bahan pengawet. Adanya berita tahu berformalin yang ditemukan dipasaran,telah membuat masyarakat menjadi khawatir untuk mengkonsumsi tahu.Tahu hasil produksi ini memiliki daya tahan relatif singkatkarena perusahaan tidak memberikan campuran bahan penggumpal maupun bahan pengawet.Banyaknya faktor yang terlibat dalam perhitungan menjadi kendala pembuat keputusan dalam mengambil kebijakan menentukan jumlah tahu yang akan diproduksi. Sistem pendukung keputusan yang menggunakan metode fuzzy Tsukamoto diharapkan dapat menghemat waktu dan memperkecil kesalahan perhitungan jumlah produksi,sehingga pembuat keputusan cukup menginputkan data-data yang diperlukan oleh sistem pendukung keputusan. Kemudian sistem pendukung keputusan akan mengolah data-data tersebut dan akan menampilkan keluaran (output) berupa jumlah tahu yang akan diproduksi.

Kata Kunci: Sistem Pendukung Keputusan, Produksi Tahu, FuzzyTsukamoto


Full Text:

PDF

References


Turban, Efraim dan Aronson Jay., J. E., dan Liang, T. P. 2005. Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Terjemahan Dwi Prabantini.Yogyakarta : ANDI.

Arman Hakim Nasution.2008.Perencanaan & Pengendalian Produksi.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hendra Kusuma.2004.Manajemen Produksi,Perencanaan & Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Andi.

Pontas M. Pardede. 2005. Manajemen Operasi dan Produksi. Yogyakarta: Andi.

Ginanjar Abdurrahman.2011.Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.