PEMANFAATAN SISA HASIL POTONGAN KULIT DARI PROSES FINISHING PADA INDUSTRI PENYAMAKAN KULIT MENJADI SEPATU WANITA

Mulk Hima, M. Junaidi Hidayat, Choirul Anam

Abstract


Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang memberikan sumbangsih untuk perkembangan kulit di Indonesia, salah satunya adalah PT Rachbini Leather yang berada di Gedangan, Sidoarjo.  Di balik perkembangan PT Rachbini Leather, terdapat beberapa permasalahan, salah satunya yaitu terdapat bagian kulit yang dibuang karena adanya persyaratan yang tidak dipenuhi pada tahap finishing dan hal ini tidak akan terlepas dari masalah sisa yang akan dihasilkan oleh industri tersebut. Pemanfaatan sisa hasil potongan kulit yang terdapat di lapangan yaitu dijadikan produk souvenir dan beberapa UKM menggunakan sisa hasil potongan kulit menjadi sepatu pria dengan menyesuaikan dimensi kulit yang ada, namun dengan keterbatasan dimensi kulit tersebut, pihak UKM enggan memproduksi sepatu wanita karena pola sepatu wanita yang dapat dikatakan rumit yang tidak memungkinkan untuk menggunakan sisa hasil potongan kulit. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang berfokus pada penelitian eksperimen yang subjeknya diberi perlakuan lalu diukur akibat perlakuan pada subjek. Tahapan yang dilakukan hingga sisa potongan kulit hasil dari proses finishing dapat digunakan diantaranya melewati proses pemilihan bahan atau identifikasi sisa kulit, pengeringan, pembentukan pola, penghalusan atau penipisan, dan penjahitan, setelah itu dapat dilanjutkan ke dalam tahapan proses produksi sepatu dengan menerapkan konsep Urban Timeless yaitu tren fesyen bersifat perkotaan yang tidak lekang oleh waktu.

 

Kata kunci: Industri Penyamakan Kulit, Kulit Tersamak, Sepatu 


Full Text:

PDF

References


Jenis Kerusakan Kulit Mentah dan Kualitas Kulit, 2015, www.triobbc.com, (Diakses: 28/10/2017, 20.27).

kbbi.web.id, (Diakses: 14/10/2017, 23.45).

“Penentuan Model Persediaan di PT Rachbini Leather Gedangan-Sidoarjo”, hal. 1, digilib.its.ac.id, (Diakses: 22/09/2017, 22.00).

Schaffer, Jane dan Sue Saunders. 2012. Fashion Design Course : Accessories. North America:Barron’s Educational Series, Inc. [5] 4 Jenis Kulit Sapi Berdasarkan Kualitas, www.vanillaleather.com, (Diakses: 26/10/2017, 20.25).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.