MAKNA TAMPILAN VISUAL KEMASAN SEBAGAI PENERAPAN REDESAIN KEMASAN MAKANAN RINGAN DI UKM BENOK – KABUPATEN PROBOLINGGO

Faza Wahmuda, Moch Junaidi Hidayat

Abstract


Sebagai sebuah hasil pengabdian masyarakat di UKM Benok probolinggo melalui desain kemasan diantaranya visualisasi, material, dan bentuk kemasan makanan ringan berbahan Jagung adalah bagian dari upaya peningkatan kualitas produk sekaligus meningkatkan citra UKM itu sendiri. Selain itu, problematika UKM tentang kemasan produk Emping dan Tortila menjadi teratasi dengan hasil pengabdian ini. Tidak hanya itu, makna tampilan visual desain kemasan ini mampu mewakili hadirnya UKM melalui produk sehingga komunikasi antara produk dan konsumen terjadi. Visualisasi yang sederhana dan menjual menjadi solusi tampilan yang lebih menarik selain bentuk serta material produk yang juga diubah.

Keywords


Desain; Kemasan; Visual

Full Text:

PDF

References


Junaidi Hidayat, Moch., Praktik Identitas dalam Desain Kemasan Makanan UKM, Jurnal Terakreditasi Panggung, Institut Seni Budaya Bandung, Vol. 4 No. 4 Desember 2014, Hal 399 – 408.

Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Sandra A. 2006. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Setiawan, Sabhana. Kemasan Tradisional Makanan Khas Sunda-Ungkapan Simbolik dan Estetika Seni Rupa Tradisional Sunda, Bandung. Penerbit ITB. 2001.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.