KAPASITAS SIMPANG TAK BERSINYAL DAN TUNDAAN LALU LINTAS PADA JL.BRIGJEN KATAMSO-FRONTAGE TIMUR

Theresia MCA, Amrita Winaya, Hari Setyawan

Abstract

Konflik lalu lintas yang terjadi pada simpang tak bersinyal relatif lebih tinggi daripada simpang bersinyal. Persimpangan tiga lengan Jl.Brigjen Katamso-Frontage Timur merupakan simpang tak bersinyal yang menghubungkan Jl.Wadung Asri dengan Jl.Waru. Kemacetan yang terjadi pada simpang tersebut menyebabkan antrian kendaraan yang cukup panjang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat pelayanan jalan pada simpang tak bersinyal Jl.Brigjen Katamso-Frontage Timur. Metode yang digunakan dalam analisis simpang ini adalah Pengkinian Manual Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI). Dari hasil perhitungan diperoleh kapasitas simpang sebesar 4789 smp/jam, dengan nilai derajat kejenuhan 1,25. Tundaan yang terjadi adalah 61,85 detik/smp. Dengan demikian simpang tiga tak bersinyal ini sudah melampaui kapasitasnya. Alternatif solusi yang dapat disampaikan terkait dengan permasalahan simpang ini antara lain larangan belok kanan dari Jl.Brigjen Katamso maupun Jl.Frontage Timur, serta pelebaran jalan pada Jl.Brigjen Katamso.

Keywords

Simpang tak bersinyal; frontage road; tundaan; peluang antrian

Full Text:

PDF

References

Oetomo, Wateno. Sugiharto, Arif., “Analisis Perbandingan Biaya Konstruksi dan Perawatan Antara Perkerasan Jalan Lentur dan Perkerasan Jalan Kaku Pada Proyek Frontage Road,” Fakultas Teknik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2013.

Amtoro, Arbima et al., “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan (Studi Kasus Simpang Tak Bersinyal Empat Lengan Jalan Wates Km.5 Gamping, Sleman, Yogyakarta),” Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Universitas Islam Indonesia, 2015.

Wahyudin et al., “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal 3 Lengan, Studi Kasus Jl.Pakuningratan Yogyakarta,” Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2015.

______ “Highway Capacity Manual (Unsignalized Intersections),” 2000. [5] Nugroho, Galih.,“Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Untuk Simpang Jl.Agro, Jl.Gambir, Jl.Wirata Yogyakarta,” Tugas Akhir., D3 Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada, 2015.

Kusnandar, Erwin., “ Pengkinian Manual Kapasitas Jalan Indonesia,” Pusat Litbang Jalan dan Jembatan, 2009

Iskandar, Hikmat., “Pedoman Bahan Konstruksi Bangunan dan Rekayasa Sipil: Kapasitas Simpang,” Kementerian Pekerjaan Umum. 2015.

Widianty, Desi., “Studi Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Tak Bersinyal Di Kota Mataram,” Jurnal Universitas Mataram., Vol.2 No.1, 2006.

Bawangun, Vrisilya et al., “Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Untuk Simpang Jalan W.R. Supratman dan Jalan B.W. Lapian di Kota Manado,” Jurnal Sipil Statik., Vol.3 No.6, 2015.

Setyawan, Hari., “Analisis Kinerja Simpang Tiga Tak Bersinyal Jl.Brigjen Katamso-Frontage Timur Kabupaten Sidoarjo,” Skripsi., Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, 2017.

Richardson, Anthony J et al., “Survey Methods For Transport Planning,” Parkville, Vic; Eucalyptus, 1995.

Disdukcapil Kabupaten Sidoarjo., “Data Kependudukan,” [Online]. Available: http://disdukcapil.sidoarjokab.go.id/?go=cp_prolay/prolay&kdprolay=16&tx=RGF0YSBLZ XBlbmR1ZHVrYW4=. [Accessed: 3-Aug-2018]

Refbacks

  • There are currently no refbacks.