PELATIHAN PEMROGRAMAN APLIKASI MICROSOFT OFFICE SEBAGAI BENTUK PENGEMBANGAN IPTEK REMAJA KARANG TARUNA DI SUMBERJATI, KECAMATAN JATIREJO, KAB. MOJOKERTO

Yesy Diah Rosita, Luki Ardiantoro

Abstract

Tuntutan kemampuan dalam penggunaan program aplikasi Microsoft Office di era digital sangat dibutuhkan termasuk remaja karang taruna Desa Sumberjati untuk siap kerja di perusahaan atau berwirausaha dengan pengelolaan administrasi yang baik. Sulitnya akses internet untuk belajar program Ms. Office secara mandiri dipengaruhi oleh letak geografis desa ini yang berada pada wilayah pegunungan. Sehingga diperlukan pelatihan untuk pengembangan IPTEK dalam pemrograman Ms. Office secara langsung. Materi yang diberikan merupakan materi yang pada umumnya digunakan dalam pengelolaan administrasi seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pada pelatihan ini diikuti lebih dari 50 remaja dan dilakasanakan di Balai Desa Sumberjati. Dari jumlah materi yang disediakan sebanyak 77 dan 59 buah mempunyai peningkatan pengembangan materi sebesar 127,9%. Dari hasil prosentase tersebut menunjukan tingkat antusias dan kecepatan daya tangka

Keywords

Ms. Word; Ms. Excel; pengelolaan administrasi

Full Text:

PDF

References

Budi Usodo et al., “Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi dari Microsoft: Office Mix, Onenote, Sway dalam Pembelajaran bagi Guru-Guru Matematika SMA di Kabupaten Sragen,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, Vol.4, No.9, hal 743-752, November 2016.

Desa Sumberjati., “Sejarah Desa Sumberjati”. [Online]. Available: http://dssumberjati.blogspot.com/.

Google Map, “Balai Desa Sumberjati.” [Online]. Available: https://goo.gl/KScuKd.

Johar Arifin, Microsoft Office Excel 2016 untuk Profesional. Elex Media, Jakarta, 2016.

Malabay et al, “Pelatihan Aplikasi Komputer (Ms Power Point) untuk Perkantoran atau Bisnis Dimadrasah Tsanawiyah Al-Musyarrofah,” Jurnal Abdimas, Vol. 1 No.1, September 2014.

Microsoft Office Help, “Word Help Center.” [Online]. Available: https://support.office.com/en-us/word.

Microsoft Office Help, “Excel Help Center.” [Online]. Available: https://support.office.com/en-us/excel.

Monica Mayeni, “Sosialisasi Teknologi Informasi: Pengabdian Masyarakat pada Siswa SMK Taruna Bhakti Depok,” Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat, Vol.1 No. 1 Maret 2017.

Rita Wiryasaputra, “Pelatihan Aplikasi Perkantoran Kepolisian Sektor Tanjung Duren Wilayah Jakarta Barat,” Jurnal Abdimas Mandiri, Vol.1 No. 2 November 2017.

Yusri Ikhwani et al., “Pelatihan Aplikasi Microsoft Word 2013 pada SMP H. A. Johansyah. A Banjarmasin,” Jurnal Al-Ikhlas,Vol.1 No.1, Oktober 2015.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.