ANALISIS PENGENDALIAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA SEBAGAI USAHA MENGURANGI PRODUK CACAT DI PT. ANTAR SUYA JAYA SURABAYA

Eko Budi Prassetyo, Ni Luh Putu Hariastuti

Abstract


Adanya persaingan dalam bidang industri semakin berat dewasa ini, menuntut setiap perusahaan untuk lebih optimal, lebih efektif, dan lebih efisien. Perusahaan juga dituntut untuk memberikan yang terbaik untuk konsumennya, dalam hal ini pengendalian kualitas produk meupakan stategi yang penting untuk menjaga kepuasan konsumen. PT. Antar Surya Jaya Surabaya adalah salah satu perusahaan percetakan yang memproduksi majalah, koran, buku, brosur, katalog, dan paper packaging. Penelitian ini berfokus pada produk majalah khususnya majalah Nurul Hayat. Penyebab kerusakan produk cacat yang terjadi pada majalah Nurul Hayat didominasi oleh cacat jilid sebanyak 47,59%. Untuk itu, digunakan metode six sigma dalam upaya meningkatkan kualitas produksi pada produk majalah Nurul Hayat melalui tahap DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, dan Control). Hasil analisa penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa settelah menggunakan metode six sigma terjadi peningkatan nilai sigma yang semula 3,75 menjadi 3,80.

Kata kunci: Six Sigma, FMEA, Failure Mode and Effect Analysis 


Full Text:

PDF

References


Sofjan Assauri, 2011, "Manajemen Produksi dan Operasi", Lembaga penerbit FEUI, Jakarta

Rudi Suardi, 2003, "Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000: Penerapannya untuk Mencapai TQM", Edisi 2, Jakarta: Penerbit PPM

Harry Mikel, 2003, "Six Sigma The Breakthrough Management Strategy Revolutionizing The World’s Top Corporation", Double Day, USA

Pete Pande, Robert P. Neuman, Roland R. Cavanagh, 2002, "The Six Sigma Way (Bagaimana GE, Motorola dan Perusahaan Terkenal Lainnya Mengasah Kinerja)", ANDI, Yogjakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.