ANALISA KEGAGALAN OPERASIONAL MOTOR INDUK PADA KAPAL KM XYZ MENGGUNAKAN METODE FMEA ( FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS )

Moh Syahroni F, Minto Basuki, Suejitno Suejitno

Abstract


Kegagalan motor induk pada kapal sangat berdampak buruk terhadap operasional kapal, terjadinya kegagalan pada motor induk dan komponen-komponennya akan mengakibatkan gangguan pada saat operasional kapal. Penelitian ini dilakukan pada kapal KMP Satria Nusantara, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Failure Mode and Effects Analysis (FMEA). Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah kegagalan operasional motor induk yang di sebabkan oleh patahnya ring piston dan cylinder blok memuai. Adapun mode kegagalan pada komponen motor induk nilai RPN tertinggi yang pertama adalah pada saat kerusakan komponen katup (valve) yaitu batang katup aus/mengecil yang diakibatkan oleh pelumasan oli yang kurang sempurna dan mengakibatkan oli mesin cepat berkurang dengan nilai RPN 72,24. Komponen yang kedua adalah injector yaitu tersumbat lubang injector akibat kerak karbon menutupi injector dengan nilai RPN 29,69. Yang ketiga adalah kerusakan komponen cylinder head retak akibat pelumasan oli yang kurang sempurna dengan nilai RPN 67. Kerusakan yang keempat terjadi pada komponen piston yaitu ring piston patah yang diakibatkan pemakaian oli pelumas yang terlalu lama, sirkulasi oli pelumas tidak lancar dengan nilai RPN 34,56.

Keywords


Metode FMEA; Motor induk kapal; RPN

Full Text:

PDF

References


Chrysler. (1995). “POTENTIAL FAILURE MODE AND EFFECTS ANALYSIS” (FMEA).

Didiet Sudiro Resobowo, Ketut Buda A, Aab. Dinariyana, (2016), “Pemilihan Variabel Penentu Perawatan Permesinan Kapal Untuk Menaikkan Keandalan Kapal Tni Ad”. Jurnal Kajian Teknik Mesin Vol. 1 No. 2.

Ign.Dewanto,Tony R, Bambang L,(2013) “Penerapan Manajemen Pemeliharaan, Perbaikan mesin skrap Merk Sacia L550-E”. 11 September 2013, Yogyakarta.

Metasari, N (2008) “Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). https://qualityengineering.wordpress.com/.

Suharto(1991), “Menejemen Pemeliharaan Mesin”, Rimeka Cipta, Jakarta.

Yuniar E. Priharanto, M. Zaki Latif A, Akhmad Nurfauzi, Rahmad Surya HS. 2017 “Penilaian Risiko pada Mesin Pendingin di Kapal Penangkap Ikan dengan Pendekatan FMEA” Jurnal Airaha, Vol 6 No. 1 : 024 – 032


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.