“STUDY PERENCANAAN MODIFIKASI KAPAL LCT KM.“TRISNA DWITYA” MENJADI KAPAL FERRY DI PT. DOK PERKAPALAN SURABAYA (Persero) DITINJAU DARI SEGI TEKNIS”.

Krisna Setyawan, Minto Basuki, Soejitno Soejitno

Abstract


Kapal sebagai sarana alat transportasi laut yang berfungsi untuk memindahkan barang (muatan) dan penumpang (Orang) dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Salah satu bentuk sarana alat transportasi laut adalah kapal berjenis LCT (Landing Craft Tank). Karena peraturan pemerintah tentang larangan kapal LCT untuk beroperasi di perairan Indonesia, mengharuskan untuk merubah kapal LCT menjadi tipe lain sebagai sarana transportasi laut. Memodifikasi kapal LCT menjadi kapal ferry banyak dilakukan tetapi perlu peninjauan ulang tentang masalah teknis. Dalam skripsi ini dilakukan penelitian modifikasi kapal LCT KM “Trisna Dwitya” ke kapal Ferry di PT. Dok Perkapalan Surabaya (Persero) ditinjau dari aspek teknis. Hasil dari skripsi dapat disimpulkan bahwa harga perbandingan displacement kapal 58.218 Ton (Koreksi 0.35% < 0.50%) dengan koreksi lambung timbul (actual freeboard 1.32 m ? freeboard minimum 0.66 m) serta kapal mengalami trim buritan sebesar 0.131 m dengan perubahan konstruksi kapal yang terletak pada penambahan deck konstruksi antara lain : konstruksi poop deck, konstruksi boat deck, konstruksi navigation deck dan konstruksi top deck yang semuanya memenuhi aturan klasifikasi serta kondisi stabilitas kapal yang memenuhi kriteria titik Gz (lengan stabilitas) dengan titik oleng ± 10 detik dari semua kondisi yang telah ditentukan oleh aturan klasifikasi dan memenuhi persyaratan IMO. kapal modifikasi LCT menjadi kapal jenis Ferry memenuhi persyaratan perencanaan yang ditinjau dari segi teknis.

Keywords


Kapal LCT (Landing Craft Tank); Kapal Ferry; Aspek Teknisnya

Full Text:

PDF

References


Amiadji, Suryo, W. A., dan Wibowo, S., 2010. “Studi Modifikasi Penambahan Panjang Kapal KM. Amelia Wasaka Untuk Optimalisasi Speed-power Dengan Simulasi Hullspeed”. Skripsi, F.T.Kelautan. Teknik Sistem Perkapalan. ITS. Surabaya.

Mahardika, B. C. 2017. “Analisa Pemanfaatan Kapal Landing Craft Tank Akibat Penetapan Batasan Operasi : Studi Kasus Lintasan Penyeberangan Ketapang -Gilimanuk”. Skripsi, D.T.Transportasi Laut. F.T.Kelautan. ITS. Surabaya.

Rohmadhana, F., dan Kurniawati, H. A. 2016. “Analisa Teknis dan Ekonomis Konversi Landing Craft Tank (LCT) Menjadi Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tipe Ro-ro untuk Rute Ketapang (Kabupaten Banyuwangi) – Gilimanuk (Kabupaten Jembrana)”. Skripsi, F.T.Kelautan.Teknik Perkapalan. ITS. Surabaya.

Romani, A. A., Mulyatno, I. P., dan Rindo, G., 2015. “Analisa Kekuatan Modifikasi Konstruksi Geladak Utama Kapal LCT VIP Jaya 893 GT Dengan Metode Elemen Hingga”. Skripsi, F.Teknik. Teknik Perkapalan. Universitas Diponegoro. Semarang.

Subari, D. A. 2015. “Perencanaan Modifikasi Kapal Perintis 750 Ton DWT KM. Daraki Nusa Menjadi Kapal Pengangkut Ternak di PT. Adiluhung Sarana Segara Indonesia Ditinjau Dari Aspek Teknis”. Skripsi, F.T.Mineral & Kelautan. Teknik Perkapalan. ITATS. Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.