DESAIN RANCANG BANGUN FEED BARGE SEBAGAI MEDIA PEMBANTU BUDIDAYA PERIKANAN LEPAS PANTAI

Oka Hildawan, Minto Basuki, Soejitno Soejitno

Abstract

Offshore aquaculture atau budidaya perikanan lepas pantai merupakan budidaya perikanan yang dilakukan pada jarak tertentu dari pantai atau tengah laut. Metode ini belum banyak dilakukan di Indonesia dikarenakan membutuhkan teknologi tinggi dan invenstasi yang sangat besar. Dewasa ini budidaya ikan di laut masih menggunakan teknologi konvensional yaitu dalam proses pemberian pakan masih dilakukan secara manual dan bergantian. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan suatu inovasi berupa feeding barge sebagai media pemberi pakan ikan secara otomatis (automatic feeding system) dan menggantikan sistem konvensional yang selama ini dipakai pada budidaya perikanan lepas pantai. Untuk mengoptimalkan penggunaan automatic feeding system ini maka diperlukan kriteria desain kapal feed barge yang memenuhi persyaratan untuk kondisi saat kapal tersebut beroperasi. Perencanaan dan perhitungan potongan tengah kapal (midship section) yang mengacu pada rules BKI Vol.2 Barges and Pontoons tahun 2014. Hasil penelitian ini didapatkan hasil perencanaan kapasitas muatan kapal feed barge sebesar 108 ton dengan ukuran utama L=15.6 meter, B=8.60 meter, H=2.36 meter, T=1.40 meter, perhitungan stabilitas kapal yang memenuhi standart kriteria IMO MSC.267(85) Part B Recommendation for certain types of ships 2.2 Pontoons.

Keywords

automatic feeding system; budidaya perikanan lepas pantai; feed barge; potongan tengah kapal; stabilitas

Full Text:

PDF

References

__, 2014. BKI Rules Classification Vol.II Sec.31 “Barges and Pontoons”, Jakarta

Derrett, D. R. 1999, “Ship Stability for Masters and Mates”

__, 2006, IMO Regulation MSC267(85) Part B 2.2, “Special criteria for certain types of Pontoons”

Lewis, Edward V. 1988, Principal of Naval Architecture Second Revision Vol.1 “Stability and Strength”

Mathisen, Sindre. 2012, “Design criteria for offshore feed barges”

Papanikolaou, Apostolos. 2014. Ship Design Methodologies of Preliminary Design. Springer ISBN: 978-94-017-8750-5

Rahman, Abdur. 2012, “Kesesuaian ukuran konstruksi kapal kayu nelayan di pelabuhan nelayan (PN) Gresik menggunakan aturan Biro Klasifikasi Indonesia (BKI)”

Watson, David G.M. 1976. Practical Ship Design. ELSEVIER. ISBN: 0-08-044054-1

Wibawa, Ari. 2012, “Perancangan Kapal Tongkang sebagai penyebrangan masyarakat di sungai Bengawan Solo, Desa Jimbung Kabupaten Blora - Desa Kiringan Kabupaten Bojonegoro”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.